Bagian-Bagian Excavator yang Wajib Kamu Ketahui

Bagian-Bagian Excavator – Excavator adalah alat berat yang dirancang untuk berbagai tujuan, mulai dari penggalian, pembongkaran, pengangkatan, pengikisan, hingga perataan. Nah, seperti kendaraan lainnya, excavator juga memiliki bagian-bagian.

Bagian – Bagian Excavator

ilmuteknik.id - Bagian-bagian excavator

1. Undercarriage

Undercarriage adalah bagian penting alat berat yang berisi komponen untuk pergerakan excavator. Komponen undercarriage antara lain sprocket, unit final drive, track shoe, track link, track frame, track roller, front idler.

Baca juga Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Alat Berat dalam Pengerjaan Teknik Sipil

  • Tracks
    Excavator telah dilengkapi dengan track terbuat dari serangkaian pelat baja yang dihubungkan dengan pin baja. Track ini berjalan di atas roller dan digerakkan oleh dua roda bergigi yang dikenal sebagai track sprocket. Track baja memiliki kelemahan, dimana dapat merusak permukaan beraspal sehingga terkadang dilengkapi dengan bantalan karet. Ekskavator modern dapat dilengkapi dengan track karet yang diperkuat dengan kawat baja sehingga meminimkalisr kerusakan.
  • Track Frame
    Ini adalah bodi utama undercarriage, rangka baja persegi panjang yang kokoh dengan bodi track di sisinya.
  • Final Drives
    Bagian ini terdiri dari motor hidrolik dan sistem persneling yang dihubungkan oleh poros penggerak ke mesin di atas. Ini memberikan daya ke track dan memungkinkan setiap track diberi daya secara individual untuk belok kiri dan kanan.
  • Blade
    Tidak semua excavator memiliki blade. Penambahan blade dozer ke undercarriage memberikan fungsi tambahan, sehingga dapat memindahkan material setelah pembersihan tanah.

2. Upperstructure
Merupakan bagian atas excavator yang mampu bermanuver atau berputar 360 derajat.

3. Cab / Kabin
Kabin adalah lokasi dari mana operator mengontrol pergerakan ekskavator dan sehingga diharuskan memiliki visibilitas yang baik kepada operator. Kabin operator dapat berputar 360° dan sehingga mendukung kerja operator.

4. Boom
Boom merupakan bagian lengan excavator yang lebih besar dan berfungsi untuk menggerakkan arm naik dan turun. Yang kurang umum adalah knuckle boom yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan dan beberapa compact excavator memiliki boom yang dapat berputar 180 derajat secara horizontal.

5. Bucket
Bucket tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk menampung volume yang berbeda atau memotong bahan yang berbeda. Dengan bentuk seperti keranjang, bagian ini berfungsi untuk mengeruk/ mengangkat/ memindahkan tanah,pasir atau batu.

6. Arm
Cara termudah untuk memvisualisasikan pengoperasian lengan excavator adalah dengan membayangkan lengan manusia. Dengan lengan terentang di bahu dengan siku ditekuk dan tangan ditangkupkan, itu membentuk bentuk yang sama. Arm berfungsi untuk menggerakkan bucket naik dan turun.

7. Boom Cylinder
Bagian ini adalah penggerak sistem hidrolik yang berbentuk seperti tabung, dan berfungsi sebagai penggerak boom.

8. Arm Cylinder
Bagian ini adalah penggerak hidrolik yang berbentuk seperti tabung, dan berfungsi sebagai penggerak arm.

9. Bucket Cylinder
Bucket cylinder adalah penggerak sistem hidrolik berbentuk silinder, tepatnya pada arm atau lengan excavator. Fungsi bucket cylinder untuk menggerakan bucket untuk mengayun.

Baca artikel tentang Perhitungan Kapasitas Produksi Masing – Masing Alat Berat

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

2 komentar pada “Bagian-Bagian Excavator yang Wajib Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *