Besi Hollow – Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Besi Hollow adalah jenis besi berongga yang memiliki banyak kegunaan untuk beberapa jenis pekerjaan konstruksi. Kata hollow ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti berongga. Besi ini berbentuk seperti pipa panjang yang rongganya berbentuk segi empat, sehingga kadang disebut besi kotak atau pipa kotak. Penggunaan besi hollow ini pun tak sebatas pada konstruksi bangunan saja, melainkan ke industri manufaktur juga.

Rangka Besi Hollow untuk Tralis - ilmuteknik.id

Jenis-jenis besi hollow

  • Hollow hitam

          Hollow hitam memiliki ukuran panjangnya sudah di standarisasi. Bahan dari hollow ini adalah aja hitam membuat besi ini memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat saat digunakan. Biasanya banyak digunakan untuk membuat pagar.

Baca Juga >> ILMU TEKNIK :BAHAN-BAHAN KONSTRUKSI ATAP

  • Hollow galvalume

         Hollow ini memiliki lapisan aluminium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis galvanise. Kurang-lebih ada 55% kandungan aluminium, dan kandungan unsur besi 43.5%. Sedangkan 1.5% diisi oleh lapisan silicon agar besi ini tidak mudah berkarat jika terkena air asam ataupun basa. Hollow galvalume memiliki berbagai ukuran ketebalannya sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *