Lompat ke konten

Contoh Perencanaan Letak dan Tampak Bangunan

ilmuteknik.id - Perencanaan Letak dan Tampak Bangunan

Tahapan awal dalam membangun rumah adalah membuat perencanaan letak dan tampak bangunan, perencanaan ini penting karena membuat pekerjaan konstruksi terarah. Dalam merencankan suatu bangunan perlu mengetahui beberapa aspek seperti luas tanah, luas bangunan, letak bangunan, jumlah dan letak kamar / ruangan , jumlah penghuni dan lain-lain. Dalam merencanakan suatu bangunan sebagai awalan terdapat gambar pra konstruksi antara lain:

Baca juga Apa Itu Gambar Kerja Bangunan ?

Denah

Denah bangunan merupakan gambar tampak atas bangunan yang terpotong secara horizontal setinggi 1m dari ketinggian 0.00. Gambar denah bangunan berfungsi untuk memperlihatkan tata letak ruangan-ruangan, letak pintu dan jendela, dan bagian-bagian isi bangunan. Berikut ini adalah spesifikasi dari rencana denah rumah 2 lantai :

Gambar 1.1 Denah Lantai 1 dan 2

Nama RuanganJumlahUkuran (m)
Lantai 1
Ruang tamu13×4
Kamar tidur13×5
Kamar mandi 11.5×2
Kamar mandi 12.25×2.25
Dapur & ruang makan1
Lantai 2
Kamar tidur15×4
Kamar tidur13.5×4
Ruang Keluarga12.75×4
Kamar mandi21.5×2.5
Balkon13×5
Balkon11×3.25
Void11.65×1.65

Gambar Tampak

Baca juga Pengertian Gambar Proyeksi Perspektif dan Ketentuannya

Tak hanya denah bangunan, namun perlu juga gambar tampak. Gambar tampak merupakan gambar yang menunjukkan wujud tampilan/desain bangunan yang akan dibuat. Gambar tampak terdiri dari tampak depan, tampak belakang, tampak kanan, dan tampak kiri. Fungsi gambar tampak untuk menunjukkan dimensi bangunan dan desain bangunan. Berikut adalah gambar tampak bangunan 2 lantai :

Gambar Potongan

Gambar dari suatu bangunan yang dipotong secara vertikal pada sisi bangunan yang ditentukan (tertera pada denah) dan memperlihatkan suatu isi bagian-bagian di dalam bangunan tersebut. Gambar potongan berfungsi untuk menunjukkan struktur dan dimensi tinggi bangunan. Gambar potongan memuat perletakan rencana atap dan rangka kuda-kuda, bagian ruangan yang dipotong, perletakan pondasi, perletakkan tangga, ketinggian setiap bagian ruangan dan lain-lain. Berikut adalah gambar potongan dari denah rumah 2 lantai, X merupakan potongan memanjang serta Y dan Z merupakan potongan melintang;

Baca juga Macam-Macam Proyeksi yang digunakan Oleh Anak Teknik

Semoga artikel tentang Contoh Perencanaan Letak dan Tampak Bangunan ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications