Deep Well Pump, Cepat, Mudah dan Modern

DEEP WELL PUMP – Pertambahan polusi dan kerusakan lingkungan turut andil dalam ketersediaan air bersih. Di pedesaan yang lingkungannya masih terjaga masyarakat dapat menggunakan sumur dangkal untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun diarea perkotaan atau dekat industri sumur dangkal biasanya sudah tercemar, karena limbah rumah tinggal maupun pabrik.

ilmuteknik.id - Deep well pump merk grundfos
Gambar. GRUNDFOS SP 9-21 Deep Well Pump

Karena alasan itulah saat ini sumur bor kian menjamur. Sumur bor dianggap menjadi solusi terbaik dalam memperoleh air bersih, karena air diambil dari bawah tanah yang jaraknya jauh dari permukaan. Semakin dalam sumber air maka semakin bagus air yang diperoleh. Air yang diambil dari kedalaman lebih dari 30 meter biasanya sudah bersih, jernih, tidak berbau dan layak digunakan untuk kebutuhan sehari -hari.

Pompa air deep well atau deep well pump merupakan tingkat lanjutan dari submersible pump. Pompa ini terdiri dari rangkaian motor tertutup dan impeller bertingkat untuk menghasilkan daya dorongan pompa yang lebih besar.

KONSTRUKSI DEEP WELL PUMP

Pompa air deep well dapat dengan mudah dikenali karena mempunyai bentuk yang unik, pompa ini berbentuk silinder dengan diameter 3 Inch sampai 10 Inch. Untuk lebih jelasnya silak an amati gambar dibawah ini.

ilmuteknik.id - Bagian-bagian deep well pump
Gambar. Konstruksi Pompa Deep Well (Jakartapiranti.id)

Jika pada pompa biasa hanya terdiri dari 1 impeller, maka pompa deep well terdiri dari bertingkat-tingkat impeller dan difuser. Semakin banyak tumpukan impeller dan diffuser semakin besar daya dorong yang dihasilkan.

Tiap tipe pompa deep well memiliki perbedaan celah impeller, sehingga berpengaruh terhadap debit air yang dikeluarkan. Jumlah impeller dan debit berhubungan dengan kapasitas, dan daya konsumsi listrik.

Penggunaan pompa dan posisinya yang selalu terendam oleh air membuat casing pompa rawan korosi, sehingga dipilihlah casing yang terbuat dari bahan stainless stell.

KELEBIHAN POMPA DEEP WELL

  1. Minim Perawatan

Pompa ini bisa dikatakan tidak memerlukan perawatan sama sekali karena penempatannya yang sangat dalam. Tapi tetap jaga kelistrikan dan panel pompa, agar selalu berfungsi dengan baik.

2. Tidak Bising dan Hemat Tempat

Penempatan pompa yang jauh dari permukaan tanah membuat suara pompa tidak terdengar sama sekali, selain itu kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan rumah pompa.

3. Efisien

Efisien dalam kerja dan pemakaian listrik, karena hanya terfokus pada daya dorong saja.

KEKURANGAN POMPA DEEP WELL

  1. Sulitnya akses

Ini dia pertimbangan mendasar yang harus dipikirkan sebelum memasang deep well pump. Letakya yang didasar sumur dan harus diangkat dengan mesin tentunya memerlukan biaya ekstra. Namun jangan khawatir kerusakan pada pompa sangat jarang terjadi, biasanya kerusakan atau gejala-gejala kerusakan baru akan muncul 2 tahun pasca pemasangan.

2. Memerlukan banyak kabel

Semakin dalam letak pompa, maka semakin panjang kabel yang dibutuhkan. Setidaknya ada 2 buah kabel yang perlu digunakan yaitu kabel power dan kabel control (elektroda). CARA KERJA RANGKAIAN KONTROL POMPA SUBMERSIBLE ATAU POMPA CELUP ada 2 yaitu secara manual dan otomatis. Baca juga mengenai cara Perawatan Pompa Celup atau Submersible Pump

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *