ILMU TEKNIK : Apa Sih Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Bluetooth ?

Bluetooth merupakan teknologi nirkabel (tanpa kabel) yang berfungsi untuk mentransfer data antara dua perangkat yang berdekatan satu sama lain. Penggunaannya untuk mengirim dan menerima file dari dua nirkabel yang telah terhubung secara efektif, yaitu pada jarak maksimum 100 meter. 
Pada saat ini sistem bluetooth digunakan untuk menghubungkan mouse nirkabel ke laptop, untuk menghubungkan headset, laptop/ gadget degan console game, serta menghubungkan gadget dengan speaker.

Keuntungan dari Bluetooth

Teknologi nirkabel, mudah digunakan dan tidak dikenai biaya.
  • Bluetooth tidak memerlukan garis pandang dengan jelas antara perangkat yang disinkronkan. Ini berarti perangkat tidak perlu saling berhadapan dan juga memungkinkan untuk melakukan transfer saat kedua perangkat berada di ruangan terpisah.
  • Fakta bahwa teknologi ini tidak memerlukan kabel adalah sesuatu yang membuatnya begitu populer. Dengan begitu banyak perangkat yang melanda kehidupan kita hari ini, kebutuhan akan teknologi semakin ketat.
  • Kisaran maksimum yang ditawarkannya adalah 100 meter, namun rentang ini tidak sama untuk semua koneksi serupa. Itu tergantung pada sifat perangkat dan versi yang mereka operasikan.
  • Daya pengolah dan daya baterai yang dibutuhkan agar beroperasi sangat rendah. Ini menjadikannya alat yang ideal untuk perangkat elektronik begitu banyak, karena teknologinya bisa diimplementasikan dengan cukup baik dimana saja.
  • Salah satu keuntungan utama adalah kesederhanaan penggunaannya. Siapa pun bisa mengetahui cara mengatur koneksi dan menyinkronkan dua perangkat dengan mudah. Apalagi teknologi ini benar-benar bebas untuk digunakan dan tidak memerlukan biaya yang harus dibayarkan ke penyedia layanan manapun.
  • Kemungkinan jaringan nirkabel lainnya mengganggu Anda sangat rendah. Ini karena sinyal wireless bertenaga rendah yang diadopsi teknologi dan juga karena sesuatu yang dikenal sebagai frequency hopping.

Kekurangan dari Bluetooth

  • Meskipun kecepatan transfer mengesankan sekitar 25 Mbps, beberapa teknologi lain seperti Wi-Fi Direct dapat menawarkan kecepatan hingga 250 Mbps. Ini adalah area yang bisa diperbaiki dalam waktu dekat.
  • Penggunaan baterai selama satu kali transfer diabaikan, namun ada beberapa orang yang membiarkan perangkat dihidupkan di perangkat mereka. Ini pasti memakan baterai perangkat dan menurunkan masa pakai baterai dengan cukup.
  • Meskipun keamanannya bagus, bahkan lebih baik lagi di Wi-Fi Direct. Hal ini dapat dipertanggungjawabkan pada kisaran Bluetooth yang relatif lebih banyak dan juga kurangnya penglihatan. Seseorang yang tahu cara hack jaringan semacam itu bisa melakukannya.
Pada akhirnya poinnya cukup tidak merata dan manfaat teknologinya dengan mudah lebih besar daripada aspek negatif lainnya. Bluetooth banyak digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia dan ini pasti akan menyebar lebih jauh seiring berjalannya waktu. Kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkannya tak tertandingi dan hanya masalah waktu sebelum gadget dan perangkat elektronik di rumah anda memanfaatkan teknologi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *