ILMU TEKNIK : Hakekat Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Tanpa Batas Ruang dan Waktu

Hakekat Media Sosial
 Pengertian Media Sosial
Antony Mayfield (2008;05) menyatakan bahwa media sosial adalah media dimana penggunanya dengan mudah berpartisipasi di dalamnya, berbagi dan menciptakan pesan, termasuk blog, jejaring sosial, wiki/ ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/ karakter 3D). Definisi lain dari media sosial menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein (dalam Tim Pusat Humas Kementrian Pergangan RI, 2014;26) adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli mengenai media sosial, ditarik kesimpulan bahwa media sosial merupakan media yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain tanpa batas melalui pesan gambar, suara, video.
Jenis Media Sosial
Andreas M Kaplan dan Michael Haenlein (dalam Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI, 2014;26) menggolongkan berbagai jenis media sosial yang ada berdasarkan ciri-ciri penggunanya antara lain:
1)      Proyek kolaborasi website, dimana pengguna diijinkan untuk dapat mengubah, menambah, ataupun membuang konten-konten yang termuat di website tersebut, seperti Wikipedia.
2)      Blogatau micro-blog, dimana pengguna mendapat kebebasan dalam mengungkapkan suatu hal di blog itu seperti perasaan, pengalaman, pernyataan, sampai kritikan terhadap suatu hal, seperti Twitter.
3)      Konten atau isi, dimana pengguna di website saling membagikan konten multimedia, seperti e-book, Youtube.
4)      Situs jejaring sosial dimana penggunan memperoleh ijin unntuk terkoneksi dengan cara membuat informasi yang bersifat pribadi, kelompok atau sosial seperti misalnya Facebook.
5)      Virtual game world, dimana pengguna melalui aplikasi 3D dapat muncul dalam wujud avatar-avatar sesuai keinginan dan kemudian berinteraksi dengan orang lain yang mengambil wujud avatar juga layaknya di dunia nyata, seperti game online.
6)      Virtual social world, merupakan aplikasi berwujud dunia virtual yang memberi kesempatan pada penggunanya agar hidup di dunia virtual untuk berinteraksi dengan yang lain, seperti Second Life.
Berdasarkan  penggolongan tersebut, maka ciri-ciri dari media sosial  (Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI, 2014; 27) antara lain:
o   Konten yang disampaikan dibagikan kepada banyak orang dan tidak terbatas pada satu orang tertentu;
o   Isi pesan muncul tanpa melalui gatekeeperdan tidak ada gerbang penghambat;
o   Isi disampaikan secara online dan langsung;
o   Konten dapat diterima secara online dalam waktu lebih cepat dan bisa juga tertunda penerimaanya tergantung pada waktu interaksi yang ditentukan sendiri oleh pengguna;
o   Media sosial menjadikan penggunanya sebagai kreator dan aktor yang memungkinkan dirinya untuk beraktualisasi diri;
o   Konten media sosial terdapat sejumlah aspek  fungsional seperti identitas, percakapan (interaksi), berbagi (sharing), kehadiran (eksis), hubungan (relasi, reputasi (status) dan kelompok (group).
Fungsi  Media Sosial
Media sosial merupakan cara praktis agar dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Menurut Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI (2014;33) fungsi dari media sosial antara lain:
o   Sarana belajar, mendengarkan, dan menyampaikan. Berbagai aplikasi media sosial dapat dimanfaatkan untuk belajar melalui beragam informasi, data dan isu yang termuat di dalamnya. Pada aspek lain, media sosial juga menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai informasi kepada pihak lain.
o   Sarana dokumentasi, administrasi dan integrasi. Macam-macam aplikasi media sosial pada dasarnya merupakan gudang dan dokumentasi beragam konten, dari yang berupa profil, informasi, reportase kejadian, rekaman peristiwa, sampai pada hasil riset kajian. Oleh karena itu organisasi lembaga dan perorangan dapat  memanfaatkannya dengan cara membentuk kebijakan  penggunaan  media sosial.
o   Sarana perencanaan, strategi dan manajemen. Mengarahkan penggunaan media sosial untuk memperlancar suatu perencanaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications