ILMU TEKNIK : Kerusakan dan Perbaikan Sistim Bahan Bakar Mobil

Diposting pada

1. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik

 ILMU TEKNIK : Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
 a. Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi – Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang  baru 
b. Nozzle rusak – Ganti dengan nozzle yang baru
c. Ada udara pada saluran bahan bakar – Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat – Setel pada penginjeksian bahan bakar
e. Control rack tidak berfungsi – Perbaiki mekanisme control rack
f. Automatic timer tidak tepat – Setel automatic timer
2. Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
 Cara Mengatasi
a. Saringan pada pompa pemindah tersumbat – Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Saringan bahan bakar tersumbat – Ganti elemen saringan bahan bakar
c. Tangki bahan bakar kotor – Bersihkan tangki bahan bakar
d. Kemampuan pompa pemindah yang sangat rendah – Perbaiki / ganti
e. Injeksi bahan bakar tidak tepat – Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Governor kurang baik – Setel pompa injeksi pada test bench
h. Ada angin pada saluran bahan bakar – Bleeding i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi – Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi
3. Engine Knocking / Detonasi

 ILMU TEKNIK : Engine Knocking
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
 a. Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan  penginjeksian tidak tepat – Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi
 b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah) – Ganti dengan bahan bakar yang sesuai c. Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat – Setel pemasangan pompa terhadap mesin d. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *