Economizer adalah salah satu peralatan ketel uap yang digunakan untuk memanaskan air umpan sebelum dimasukkan ke dalam drum uap. Economizer adalah peralatan penukar panas untuk meningkatkan efisiensi boiler dengan menyerap pemulihan panas gas buang. Semakin rendah suhu gas buang keluar dari tumpukan, kehilangan panas akan lebih sedikit dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengubah air menjadi uap juga akan lebih sedikit dalam kondisi tertentu. Jadi bisa dikatakan economizer dapat menghemat bahan bakar secara efisien. Economizers akan membuat suhu air umpan lebih tinggi, sehingga ketel uap dapat menghasilkan uap dengan mudah.

Proses pemanasan air di economizer seperti penukar panas, air didistribusikan di dalam tabung dan gas buang di luar tabung. Gas buang panas di luar tabung mengalir dan membuat kontak dengan tabung permukaan luar, sehingga perpindahan panas terjadi antara gas buang panas dan tabung logam permukaan dengan konveksi. Air di dalam tabung menerima transfer panas dari tabung logam, sehingga suhu air lebih tinggi daripada sebelum masuk ke economizer. Kontak aliran gas buang ke aliran air umpan adalah teratur dan tegak lurus. Itu dikendalikan dan diatur dengan mengatur aliran gas buang.

Selanjutnya, air umpan yang telah dipanaskan di economizer dikirim ke drum uap melalui pipa penghubung. Dalam drum uap, air umpan akan menjadi air boiler dan dipanaskan lagi dalam tabung dinding air untuk menjadi uap jenuh dan superheater akan menjadikannya sebagai uap super panas.

Keuntungan menggunakan economizer sebagai pemanas awal adalah sebagai berikut:

  • Dinding logam drum uap tidak akan mudah dikontrak, mengerut dan pecah karena air yang masuk tidak dalam kondisi dingin sehingga biaya perawatan akan lebih kecil.
  • Meningkatkan efisiensi ketel uap dan mengurangi kehilangan panas.
  • Hemat bahan bakar yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran
  • Ukuran tungku bisa lebih kecil karena kebutuhan panas permukaan lebih kecil daripada tanpa menggunakan economizer.