ILMU TEKNIK : Penyebab Rem Macet Dan Cara Mengatasinya

 ILMU TEKNIK : BRAKE BACKING

1. Master rem macet
Penyebab master rem (wheel cylinder) macet biasanya karena rem jarang kita bersihkan dan adanya air yang masuk (terendam air)> Biasanya ini terjadi karena karet penahan debunya rusak sehingga debu rem yang masuk bercampur air yang kemudian kering dan menyebabkan seperti karat didalam rumah rem. Ini biasanya terjadi pada rem tromol.
Cara mengatasinya : Dongkrak roda yang macet, putar bolak balik rodanya agar bisa sedikit berputar, pada beberapa mobil jenis minibus biasanya ada setelan kerenggangan brake pad nya, coba kendurkan baut setelannya agar cengkraman remnya berkurang. Silahkan bawa ke bengkel bila sudah sampai rumah.
2. Selang rem mampet
Cirinya roda berputarnya seret tetapi setelah dicek masternya masih normal. Selang yang mampet biasnya selang fleksibel yang menghubungkan selang tembaga dengan master rem pada roda.
Cara mengatasi : kita harus bisa membuka nepel pembuangan minyak rem barangkali ada kotoran yang bisa keluar saat rem diinjak. Bersegeralah untuk menganti dengan selang yang baru bila sudah keteu bengkel.
3. Jarak bebas pedal rem terlalu rapat
Biasanya karena salah seting waktu di bengkel, rel terlalu tinggi atau waktu pengggantian switch lampu rem yang terganjal pedal saat dilepas.
Cara mengatasi : Kendurkan switch rem, segera setel rem bila sudah menemukan bengkel.
4. Piston rem berkarat atau pen kaliper macet
Biasanya terjadi pada rem cakram, akibatnya piston tidak bisa kembali masuk ke rumah piston saat pedal rem dilepas.
Fungsi pen caliper ini adalah sebagai dudukan rumah piston agar dapat bergerak maju mundur ketika dilakukan pengereman. Jika komponen ini sampai macet tentu kejadiannya akan sama dengan piston tadi, rumah piston tidak bisa kembali ke posisi semula setelah dilakukan pengereman sehingga seakan akan posisinya menekan terus. Pen yang macet harus dilakukan penggantian yang baru.
Penangan darurat : Bila ini terjadi biasanya akan tercium bau kampas rem dan kendaraan terasa berat, bahkan kadang keluar asap yang menyengat. Segera pinggirkan mobil anda dan cek dengan memegang keempat velgnya (hati-hati pegangnya karena kemungkinan velgnya panas) Apabila sudah ketemu roda yang macet, siramlah dengan air agar kampas rem mengendur, setelah dingin biasanya cengkraman pada rem akan mengendur dan kita bisa melanjutkan perjalanan. Ulangi lagi bila terjadi macet lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *