ILMU TEKNIK : Proses Pembersihan Cooling Tower agar Berfungsi Secara Maksimal

Pembersihan cooling tower dilakukan setiap 1 bulan dimana dilakukan pernbersihan water basin, Pembersihan filter dari kotoran berupa kerak dan lumut yang menempel.

 ILMU TEKNIK : Proses Pembersihan Cooling Tower agar Berfungsi Secara Maksimal
YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>>ILMU TEKNIK : Proses Cleaning Kondensor atau Pembersihan Kerak Pada Kondensor

Alat dan Bahan

  • Highpressure cleaner ataujet washer
  • Chemical
  • Selang
  • Kunci ring
  • Kabel ekstension
  • Kain, spons

Proses cleaning cooling tower :

  1. Adapun proses atau langkah dalam melakukan cleaning atau pembersihan cooling tower meliputi:
  2. Proses cleaning cooling tower dilakukan pada saat diluarjam kerja atau hari Iibur, agar tidak mengganggu sistem dan untuk kenyamanan penyewa atau tenant, biasanya pembersihan dilaksanakan pada hari minggu.
  3. Mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan untuk pembersihan cooling tower
  4. Menghubungkan kabel ekstension ke sumber power
  5. Memasang selang supplay air dari mesin high pressure cleaner ke keran air.
  6. Menutup butterfly valve untuk balancing, menutup butterfly valve untuk supply cooling water (air masuk cooling tower), menutup butterfly valve untuk return cooling water (air keluar cooling tower), menutup gate ball pada saluaran make up water (float valve) dan membuka ball valve untuk drain cooling tower agar kotoran yang mengendap dapat turun dan terbuang.
  7. Menggunakan mesin high pressure cleaner (settingan semburan air medium) untuk menyemprot water column atau filler agar kerak, lumut dan kotoran yang menempel dapat terlepas, dan diselingi dengan menambahkan chemical khusus untuk merontokkan kerak.
  8. Melanjutkan proses sampai semua water column atau filler bersih.
  9. Membersihkan strainer pada jalur hisap condenser water pump dengan cara menutup gate valve sebelum masuk ke strainer terlebih dahulu, membuka tutup strainer dan bersihkan filter yang ada pada strainer dari kotoran. Lalu tutup kembali dan buka gate valve,
  10. Setelah proses pembersihan water column atau filler selesai maka perlu dilakukan pembersihan pada basin dari kotoran yang terkumpul pada saat proses pembersihan dan jangan lupa membersihan pelampung pada float valve, filter pada saluran return atau keluar dari cooling tower. 
  11. Jika semua telah dibersihkan maka selanjutnya adalah mengisi kembali air cooling tower atau make up water dengan langkah menutup ball valve pada drain cooling tower, buka gate valve pada supply make up water (manual dan float valve), jika air telah berada pada level maksimal maka otomatisfloat valve akan menutup, namun untuk yang manual kita harus tututp ball valve. 
  12. Membuka kembali butterfly valve untuk supply cooling water (air masuk cooling tower) dan butterfly valve untuk return cooling water (air keluar cooling tower) dan membuka butterfly valve untuk balancing agar menyamakan ketinggian atau level air di cooling tower satu dengan cooling tower yang dilakukan pembersihan. 
  13. Menghidupkan cooling tower dan CWP untuk mensirkulasikan air selama beberapajam. Jika pada saat CWP dihidupkan namun pompa tidak dapat menyedot air karena terdapat angin didalam saluran suction, maka perlu dilakukan pembuangan angin dari air vent pada pompa agar pompa dapat bekerja. 
  14. Membersihkan dan mengembalikan semua peralatan yang digunakan, serta membersihkan tempat kerja. 

YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>>ILMU TEKNIK : Perawatan atau Maintenance Unit Cooling Tower


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications