Lompat ke konten

Matakuliah operasional dan pemanfaatan infrastruktur

  • SIPIL
ilmuteknik.id - Matakuliah operasional dan pemanfaatan infrastruktur

Matakuliah operasional dan pemanfaatan infrastruktur membahas mengenai SOP (standar operasional struktur) pekerjaan pemeliharaan (kegiatan menjaga fungsi bangunan dan sarana prasarana) dan perawatan (kegiatan memperbaiki dan atau mengganti bagian yang rusak agar dapat berfungsi baik) sebuah infrastruktur yang meliputi :

Baca juga Pengertian Gambar Proyeksi Perspektif dan Ketentuannya

  1. Gedung; terdiri dari pekerjaan:
  • manajemen dan persyaratan dan perawatan bangunan gedung yang meliputi organisai, nisbah sumber daya manusia, sistem dan program , dan penyedia jasa;
  • lingkup pekerjaan pemeliharaan dan perawatan gedung;
  • tata cara dan metode pemeliharaan dan perawatan dan pemeriksaan bangunan gedung;
  • program kerja kegiatan pemeliharaan dan perawatan gedung, perlengkapan peralatan, standar serta kinerja pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung, dan pembinaan.
  1. Jalan, terdiri dari pekerjaan:
  • rencana umum pemeliharaan jalan, survey pemeliharaan jalan, pemrograman pemeliharaan jalan, pembiayaan pemeliharaan jalan, perencanaan teknis pemeliharaan jalan, pelaksanaan pemeliharaan jalan, penilikan jalan, pengawasan termasuk pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan pemeliharaan jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota, dan peran masyarakat dalam pemeliharaan jalan.
  • Jembatan, penomoran elemen dan kerusakan jembatan suspensi, pemeriksaan jembata, perbaikan, pemliharaan, dan rehabilitsi kerusakan pada jembatan.
  1. Bangunan air, hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pengamatan bendungan, grouting bendungan, dan pengelolaan sedimentasi waduk untuk memelihara bendungan.

Baca juga Faktor Teknis dan Non Teknis Penyebab Robohnya Gedung

Manfaat Matakuliah operasional dan pemanfaatan infrastruktur yaitu Adanya pengetahuan dan penguasaan mengenai tata cara dan hal-hal yang berkaitan dengan pedoman pemeliharaan dan perawatan infrastruktur akan mempermudah tenaga bidang sipil dalam mencegah, menjaga, dan menanggulangi kerusakan yang terjadi sesuai dengan lingkup bidang infrastruktur (bangunan gedung, jalan, bangunan air) sehingga dapat mengusahakan infrastruktur tetap dalam kondisi layak fungsi dan beroperasi baik. Selain itu dengan mepelajari pedoman terkait pekerjaan pemeliharaan dan perawatan infrastruktur, pekerjaan akan terstruktur dari tahap perencanaan, operasional, dan akhir.

Semoga artikel tentang Matakuliah operasional dan pemanfaatan infrastruktur yang ILMUTEKNIK kali ini berikan bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications