Apa itu Lem Pipa PVC dan Tips Memilih Lem Pipa PVC yang Tepat

Lem pipa atau adhesive adalah salah satu cairan yang digunakan untuk menyambungkan dua bauh pipa agar merekat dengan sempurna. Umumnya lem pipa terbuat dari bahan alami dan sintesis. Untuk yang berbahan alami waktu keringnya memang cenderung lebih lambat namun hasilnya lebih awet dan tahan lama. Sementara lem yang terbuat dari bahan sintesis, waktu keringnya lebih cepat namun hasilnya kurang kuat dan tahan lama.

Lem pipa PVC haruslah kuat, tahan lama dan anti bocor, ketiga hal tersebut yang dapat kamu jadikan pertimbangan utama dalam memilih lem pipa PVC . Kamu tidak bisa menggunakan lem pipa sembarangan, karena memungkinkan terjadi kebocoran dan kamu harus kerja dua kali untuk memperbaikinya.

Baca juga Pipa PPR – Higienis, Aman dan Ramah Lingkungan

Tips Memilih Lem Pipa PVC yang Tepat

1. Model Lem

Model lem pipa umumnya dibedakan berdasarkan kemasannya, contohnya yaitu kemasan tube dan kemasan kaleng. ILMUTEKNIK sarankan kamu gunakan kemasan kaleng yang sudah tersedia kuasnya, biasanya kuas ini sudah menempel jadi satu dengan tutup kalengnya.

2. Merk Terpercaya

Kamu dapat memilih merk lem pipa yang banyak digunakan oleh masyarakat.

3. Efisiensi

Lem pipa berkualitas umumnya penggunaannya tidak banyak untuk menyambung pipa. Karena sebenarnya banyaknya lem yang digunakan untuk menyambung tidak menjamin hasil sambungan merekat dengan baik. Justru lem yang berkualitas adalah lem yang dalam pengapliksiannya jumlah lemnya sedikit, namun hasilnya benar-benar merekat sempurna.

4. Tahan Lama

Salah satu pertimbangan dan kriteria lem PVC bagus yaitu memiliki daya tahan yang lama. Cara memastikan kualitas ketahanan lemnya bisa dilihat dari kemampuan lem tersebut dalam melakukan reaksi solvent cement antara pipa sambungan. Tujuan reaksi ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran. Maka dari itu, ketika kamu menyambung pipa PVC dengan menggunakan lem, selalu pastikan apakah sambungan tersebut sudah merekat dengan kuat atau belum.

Baca juga DESAIN MESIN PENEKUK PIPA ( PIPE BENDING)

5. Harga

Jangan tergiur dengan harga murah, namun biasanya mahanya harga lem pipa PCV dibarengi dengan kualitas yang ada. Tapi  bukan berarti lem yang harganya lebih murah kurang baik dari segi kualitas.

6. Pilihlah berdasarkan kebutuhan

Jika penggunaannya untuk rumahan kamu dapat membeli di toko-toko bangunan terdekat, sedangkan lem pipa untuk skala proyek harus benar-benar diperhatikan kualitasnya.

Baca juga PENGELASAN PIPA PVC DENGAN TEKNIK “ROUND NOZZLE WELDING”. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *