Pengertian freon dan jenis-jenis freon

Pengertian freon – Freon adalah refrigerant, namun refrigerant tidak selalu freon. Sebenarnya freon adalah produk refrigerant yang diproduksi oleh perusahaan Amerika, yaitu DuPont. Banyak orang salah mendeskripsikan hal ini, layaknya kita menyebut “aqua” untuk semua air mineral dalam kemasan.

Jadi pengertian freon adalah produk refreigerant yang diproduksi oleh Perusahaan DuPont. Sementara Refrifgerant adalah senyawa yang berbentuk liquid (cair) atau gas dan berfungsi untuk menyerap panas dari udara dalam ruangan, sehingga suhu dalam ruangan menjadi lebih rendah atau dingin.

Tanpa refrigerant, tidak akan ada AC, pendingin atau teknologi pembekuan. AC mengandung zat pendingin di dalam kumparan tembaga. Saat refrigerant menyerap panas dari udara dalam ruangan, ia bertransisi dari gas bertekanan rendah ke cairan bertekanan tinggi. Nah nantinya kompresor akan mengirim refrigerant ke luar di mana kipas akan menghembuskan udara panas ke atas kumparan dan membuangnya ke luar.

Refrigerant kemudian mendingin dan berubah kembali menjadi gas bertekanan rendah. Kipas angin lain yang terletak di dalam ruangan akan mendistribusikan udara dingin yang dihasilkan ke seluruh bangunan. Kemudian siklus berulang. Simak CARA KERJA SIKLUS REFRIGERAN.

Jenis freon ada banyak, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Pembagian jenis ini berdasarkan jenis fluida yang digunakan. Jenis-jenis freon antara lain CFS (Chlorodifluorocarbon), HCFC (Hydrochlorofluorocarbon), HFC (Hydrofluorocarbon), HC (Hydrocarbon), dan jenis natural yang langsung digunakan dari alam.

  • Freon fluorocarbon terhidrogenasi (HFC)
    Jenis ini terdiri dari hidrogen, fluorin, dan karbon. Karena jenis ini tidak menggunakan atom klor (yang digunakan dalam sebagian besar refrigerant) maka jenis ini adalah salah satu yang berbahaya bagi lapisan ozon.
  • Freon Terhidrogenasi klorofluorokarbon (HCFC)
    Freon jenis ini  terdiri dari hidrogen, klorin, fluorin, dan karbon. Dampaknya terhadap ozon lebih sedikit, namun ada wacana akan dihapus sepenuhnya pada tahun 2020 lalu.
  • Freon chlorofluorocarbon (CFC)
    Jenis freon ini mengandung klorin, fluorin dan karbon. Merupakan refrigerant yang paling berbahaya dan merusak lapisan ozon.

Baca juga Cara Mengatasi Masalah Bunga Es Pada Kulkas

Bahaya Freon / Refrigerant

  • Karakteristrik gas freon yaitu tidak berbau, Jadi kamu sebaiknya berhati-hari karena gas freon yang terhidup manusia beresiko menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Gas freon yang bocor tidak dapat dengan cepat diketahui, kamu harus lebih teliti karena jika mengalami kebocoran maka akan cepat habis.
  • Ada beberapa gas freon yang amat merusak lapisan ozon jika sampai bocor ke udara luar.
  • Gas refrigerant yang dihirup dalam jumlah banyak akan mengakibatkan seseorang pingsan keracunan.

Tipe-tipe Freon

  • Freon R22
    Tipe ini memiliki kelebihan, dimana tidak mudah terbakar. Namun memiliki dampak terhadap kerusakan ozon sebesar 0.05, padahal tipe freon lain bernilai 0.
  • Freon R410A
    Tipe ini juga tidak mudah terbakar dan tidak berpotensi merusak lapisan ozon. Freon R410A digunakan untuk AC Inverter
  • Freon R32
    Merupakan freon atau refrigerant yang ramah lingkungan. Potensi pemanasan global yang diberikan juga sangat rendah jika dibandingkan tipe R22 dan R410A. Kekurangan tipe ini yaitu mudah terbakar, tapi tenang, karena masih aman digunakan untuk AC rumah tangga.
  • Freon R290
    Jenis freon ini adalah tipe dengan potensi pemanasan global yang paling rendah. Namun index dinginnya rendah dan lebih beresiko mudah terbakar.

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *