Pengertian Mesin CNC dan Jenis Mesin CNC

Pengertian mesin CNC yaitu alat yang digunakan untuk membuat suatu produk yang sulit dan memiliki ketelitian yang tinggi, sementara kepanjangan CNC adalah (Computer Numerical Control). Kelebihan yang paling dominan dari mesin CNC yaitu kecepatan dalam proses produksinya sehingga cocok digunakan untuk produksi massal.

Operator CNC - ilmuteknik.id
Operator CNC

Sejarah mesin CNC pertama kali dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts. Pada awalnya mesin ini diperuntukkan untuk membuat benda kerja yang rumit namun karena biaya pembuatan dan volume unit pengendali yang besar hanya sedikit perusahaan yang mau berinvestasi dalam pengembangan teknologi ini. Tahun 1975 adalah tahun dimana mesin CNC mulai berkembang pesat karena sudah adanya mikroprosessor sehingga volume unit pengendali dapat diperkecil dan disederhanakan. Saat ini mesin CNC sudah banyak dipergunakan di segala bidang, seperti di bidang pendidikan dan riset, serta tentunya industri-industri berskala nasional/internasional.

YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>> Penyebab Semut Listrik Masuk ke Alat Kelistrikan dan Elektronik

Jenis Mesin CNC

Pada dasarnya mesin produksi yang telah menggunakan kontrol CNC sudah banyak dipergunakan dalam industri manufaktur, namun dalam artikel ini dan artikel-atrikel selanjutnya saya hanya akan membahas secara garis besar mengenai proses pemrograman mesin CNC bubut dan mesin CNC milling atau frais.

Cara Mengoperasikan Mesin CNC

Umumnya cara mengoperasikan mesin cnc yaitu dengan memasukkan perintah numeric melalui tombol-tombol yang ada pada panel instrument di tiap-tiap mesin. Ada 2 sistem koordinat pada proses pembuatan program di mesin cnc yaitu sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental.

  1. Sistem Koordinat Absolute
    Pada sistem ini titik awal penempatan alat potong yang digunakan sebagai acuan adalah menetapkan titik referensi yang berlaku tetap selama proses operasi mesin berlangsung. Untuk mesin bubut titik referensinya diletakkan pada sumbu benda kerja yang akan dikerjakan. Sementara untuk mesin CNC milling titik referensinya diletakkan pada pertemuan antara dua sisi pada benda kerja yang akan dikerjakan.
  2. Sistem Koordinat Incremental
    Pada sistem ini titik awal penempatan yang digunakan sebagai acuan adalah selalu berpindah sesuai dengan titik aktual yang dinyatakan terakhir. Untuk mesin cnc bubut ataupun mesin cnc milling diberlakukan cara yang sama. Setiap kali gerakan pada proses pengerjaan benda kerja selesai, maka titik akhir dari gerakan alat potong tadi itulah yang dianggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap berikutnya.

Perkakas dengan Varian CNC

  •     Mesin bor
  •     EDM
  •     Mesin bubut
  •     Mesin miling
  •     CNC pengukir kayu
  •     Turret punch
  •     Mesin pembengkok kawat
  •     Pemotong foam kawat panas
  •     Pemotong plasma
  •     Pemotong jet air
  •     Pemotong laser
  •     Oxy-fuel
  •     Penghalus permukaan
  •     Grinder silindris

YUK !!! Baca Juga >>>Adu Hemat Kompor LPG VS Kompor Listrik

Mesin Bubut CNC

Pengertian dan Cara Mengoperasikan Mesin CNC - ilmuteknik.id
source : https://www.sentramesin.com/

Pengertian mesin cnc bubut yaitu suatu proses bubut dengan menggunakan mesin bubut CNC dilakukan dengan menggunakan kode-kode standar. Kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin bubt CNC yaitu kode G dan kode M. Mesin bubut CNC memiliki sumbu yang sama dengan mesin bubut konvensional yaitu sumbu X dan sumbu Z. Beberapa kelebihan dari penggunaan mesin bubut CNC adalah sebagai berikut:

  1. Hasil produksi akan seragam baik dalam bentuk dan ukuran.
  2. Toleransi dapat disesuaikan dengan harapan operator.
  3. Proses kerja yang cepat sehingga dapat menghemat waktu kerja.
  4. Biaya proses dakan semakin murah.
  5. Pahat bubut CNC jauh lebih hemat daripada pahat bubut konvensional.

Mesin Milling/Frais CNC

Sama seperti proses bubut kode-kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin milling/frais CNC ini yaitu kode G dan kode M. Pada mesin milling ada 3 buah sumbu yang dapat bergerak secara bersamaan yaituu sumbu X, Y dan Z. Pergerakan mesin ini dirancang terkoordinasi untuk mendapatkan lintasan tertentu, sehingga dapat dinamakan sumbu yang berkesinambungan atau sumbu kontur (contouring axis).

Sistem koordinat pada mesin cnc milling - ilmuteknik.id
Sistem koordinat pada mesin cnc milling

Sumbu Z orientasinya bersamaaan dengan gerak putar spindle, sumbu X dengan arah gerak horizontal dan sumbu Y yang mengikuti kaidah tangan kanan sehingga membentuk sistem sumbu XYZ untuk menyatakan gerakan translasi pahat. Kelebihan yang ditawarkan oleh mesin ini yaitu:

  1. Ketelitian yang tinggi
  2. Ketepatan yang tinggi
  3. Produktifitas yang tinggi
  4. Dapat mengerjakan bentuk yang kompleks

YUK !!! Baca Juga >>>ILMU DESAIN : DESAIN MESIN PENCACAH BATANG PISANG DENGAN AUTODESK INVENTOR 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *