Pengertian Mesin Frais CNC (CNC Milling) dan Pemrogramannya

Pengertian mesin frais CNC adalah sebuah pengembangan dari mesin frais konvensional. Frais CNC atau CNC Milling memiliki banyak kelebihan, dimana yang paling terlihat yaitu cepatnya proses pemroduksian.

CNC (Computer Numerical Control) sudah banyak digunakan dalam industri manufaktur salah satunya yaitu milling machine. Suatu mesin frais konvensional memerlukan beberapa tambahan perangkat lunak atau kontrol agar dapat dijadikan mesin frais CNC, misalnya sistem operasi, program kelengkapan, dan program aplikasi khusus.

Kelebihan Mesin Frais CNC (CNC Milling)

  1. Tingkat ketelitiannya yang tinggi
  2. Tingkat ketepatannya yang tinggi
  3. Tingkat produktifitasnya yang tinggi
  4. Dapat mengerjakan komponen dengan bentuk-bentuk kompleks
  5. Konstruksinya yang lebih baik

Beberapa komponen CNC Milling yang gerakannya dapat dikontrol adalah sumbu mesin, spindle, collant, tools changes, dll. Sumbu mesin yang dapat bergerak secara bersamaan diantaranya yaitu sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z. Pergerakan mesin dirancang terkoordinasi agar mendapatkan lintasan tertentu, sehingga dapat dinamakan sumbu yang berkenisambungan atau sumbu kontur.

Sumbu mesin frais CNC memegang peranan penting karena menentukan gerakan pahat relatif terhadap benda kerja. Nah untuk mempermudah pemrograman CNC, maka ISO telah menerbitkan standar untuk sumbu mesin yaitu gerakan sumbu Z orientasinya bersamaan dengan gerakan putar spindle, sumbu X dengan arah gerak horizontal, dan sumbu Y yang mengikuti kaidah tangan kanan, sehingga membentuk sistem sumbu XYZ untuk menyatakan gerakan transisi pahat.

Informasi tentang sumbu pada mesin Milling CNC ini sangat penting untuk dipahami oleh pembuat program CNC. Dalam proses pemesinan CNC sebuah program merupakan sebuah persiapan awal yang harus dibuat. Perintah yang dapat dibaca oleh mesin CNC berupa kode G (G Code) dan kode M (M Code) yang disusun menjadi sebuah kesatuan pemrograman. Ingat mesin CNC tidak dapat dioperasikan atau difungsikan tanpa adanya perintah atau program.

Semoga artikel tentang Pengertian Mesin Frais CNC (CNC Milling) dan Pemrogramannya ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.