Potensi microhydro power di Indonesia

Microhydro power – Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Berbagai sumber energi  terbarukan ini telah mulai dikembangkan di Indonesia di antaranya adalah energi angin, energi panas bumi, energi sinar matahari, energi panas tubuh manusia, dan energi air. Air dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara, salah satunya untuk pembangkit tenaga. Kita mengenal kincir air. Teknologi kincir air ini telah dikenal oleh orang Inggris sekitar 900 tahun yang lalu. Perkembangan berikutnya ialah munculnya teknologi turbin air. Seiring dengan kemajuan zaman, turbin bertenaga air saat ini telah memiliki kemampuan untuk berputar dalam kecepatan yang sangat tinggi.

BACA JUGA >> POTENSI URANIUM SEBAGAI BAHAN BAKAR NUKLIR DI INDONESIA

Portable hydro power generator -ilmuteknik.id
Portable hydro power generator

Turbin microhydro adalah sebuah cara yang efisien untuk menghasilkan listrik dengan cara sendiri karena sangat ramah lingkungan. Teknologi ini, jika tidak dapat dikatakan tidak berdampak, memiliki dampak yang kecil sekali bagi lingkungan dan akan memberikan energi yang kontinyu bagi kita dengan biaya yang relatif murah.

Kondisi yang ideal untuk microhydro power secara geografis adalah daerah yang memiliki aliran sungai yang mengalir sepanjang tahun dengan sudut kemiringan yang tidak terlalu landai,  misalnya daerah pegunungan. Syarat lainnya adalah curah hujan yang tinggi sepanjang tahun dan daerah kepulauan dengan iklim maritim dengan tingkat kelembaban tinggi. Dengan demikian, maka Indonesia boleh dikatakan ideal untuk menjadi tempat pengembangan microhydro power ini.

Potensi sumber daya air di Indonesia sangatlah besar dengan luas wilayah perairan  Indonesia yang  81% dari seluruh luas wilayah Indonesia. Tidak menutup kemungkinan terdapat  banyaknya tempat pada perairan di Indonesia yang bisa dikembangkan menjadi Hydro Power.

BACA JUGA >> ILMU ENERGI : POTENSI ENERGI NUKLIR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DI INDONESIA

Turbin berfungsi untuk mengubah aliran air yang mengalir dengan arah vertikal menjadi “shaft power“. Terdapat berbagai jenis turbin  dan pilihan terhadap satu jenis turbin harus disesuaikan dengan ketinggian tekanan (pressure head) dan aliran desain untuk instalasi hydro power. Faktor muatan (load factor) Load factor adalah jumlah daya yang digunakan dibagi dengan jumlah daya yang ada jika turbin hendak digunakan secara kontinyu. Berbeda dari teknologi-teknologi yang memerlukan sumber bahan bakar yang mahal harganya, ‘bahan bakar’ untuk pembangkit tenaga hydro power tidak perlu membeli.

Karena alasan di ataslah saya mencoba membahas tentang hydro power dan manfaatnya. Sehubung hal tersebut, maka pada di artikel berikutnya saya akan coba bahas tentang pembuatan “Rancang Bangun Portable Hydro Power Generator”.

BACA DAN DOWNLOAD MAKALAH TEKNIK LAINNYA HANYA DI KOLEKSITUGASKU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications