10 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas

10 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas – Membangun rumah tidak selalu mengeluarkan banyak biaya, asal kamu dapat menentukan prioritas dan pintar mengelola material. Selalu utamakan fungsi dan struktur karena finishing dapat diatur sesuai biaya yang kamu punya.

10 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas - ilmuteknik.id
Pertimbangan dalam membangun rumah

Berikut akan ILMUTEKNIK.id berikan trik dalam membangun rumah dengan biaya terbatas. Yuk simak…

1. Susun rencana yang matang

Rencanakan pembangunan atau renovasi sematang mungkin. Perhitungkan segala kemungkinan, mulai dari fungsl, desain, pilihan material, anggaran, perizinan, hingga kapan kamu akan mulai membangun.

Dahulukan fungsi karena desain dapat mengikuti fungsi. Sebaiknya kamu tidak ikut-ikutan membangun rumah dengan gaya rumah tingga yang sedang trend atau berkembang. Gaya terbaru bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup dan kondisi tempat kamu akan membangn rumah. Dikhawatirkan saat rumah selesai dibangun, kamu malah merasa tidak nyaman.

baca juga >> Cara Melindungi dan Merawat Batu Alam yang Mudah

2. Konsultasikan dengan ahlinya

Untuk memperoleh rumah ideal kamu dapat mengkonsultasikannya dengan arsitek atau desain interior. Konsultasikan fungsi dan desain rumah sesuai keinginan kamu.

3. Tentukan prioritas

Langkah ini cocock untuk kamu yang akan melakukan renovasi atau membangun rumah dengan budget terbatas. Jika hendak melakukan renovasi, maka tentukan bagian mana yang akan kamu renovasi. Pertimbangkan juga kemungkinan jika kamu hendak melanjutkan renovasi ke bagian-bagian lain.

Jika kamu mau membangun rumah baru, namun biaya terbatas, maka bangunlah rumah dengan konsep rumah tumbuh. Tentukan prioritas utama lalu jika ada tambahan dana kamu dapat melanjutkannya ke bagian rumah lainnya.

4. Buat struktur yang kuat, fleksibel dan tahan lama

Agar rumah dapat bertahan lama dan tahan segala kondisi maka kamu harus memperhatikan struktur bangunannya. Mungkin agak mahal, tetapi jika kamu ingin membangun dengan konsep rumah tumbuh, hal ini dapat dilakukan. Keuntungan struktur yang kuat yaitu kamu tidak perlu membuat pondasi baru, hanya tinggal meneruskannya.

5. Perhatikan tata letak ruangan

Tata letak ruangan yang sederhana dapat meniadakan beberapa dinding yang tidak diperlukan. Contohnya dengan menyatukan empat ruangan (ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur) membuat sebuah ruang utama. Penyatuan ruangan ini dapat memangkas biaya pembangunan dinding antar ruang.

Sebagai pengganti dinding pembatas, maka kamu dapat menggunakan sekat berupa kaca, atau furnitur lainnya. Bongkar pasangnya pun dapat dilakukan tanoa merusak struktur lama atau membuat struktur baru.

One thought on “10 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications