5 Jenis Baterai Berdasarkan Ukurannya


Jenis Baterai Berdasarkan Ukurannya – Ada 5 jenis baterai yang digolongkan berdasarkan ukuran baterai tersebut. Baterai berfungsi sebagai penyimpan daya portable, dengan baterai kamu bisa menggunakan banyak peralatan elektronik tanpa perlu terhubung ke sumber catu daya atau sumber listrik.

Salah satu perangkat modern yang tidak bisa lepas dari baterai adalah alat-alat elektronik yang kita gunakan setiap hari. Baterai sekali pakai ini memiliki banyak sekali jenis dan ukuran, biasanya kita membedakan berdasarkan ukurannya saja yaitu kecil, sedang atau besar. Padahal ada kode universal jenis baterai berdasarkan daya yang dihasilkannya, meskipun ada banyak ukuran baterai sekali pakai untuk mendukung kebutuhan perangkat elektronik kamu, namun setidaknya ada 5 jenis baterai berdasarkan ukurannya.

Baca juga Cara Kerja Baterai ion Litium

5 Jenis Baterai Berdasarkan Ukurannya

ilmuteknik.id - jenis baterai berdasarkan ukurannya

1. Baterai tipe AAA

Jenis baterai yang pertama yaitu baterai tipe AAA atau A3, dengan bentuk tabung dan diameter kurang lebih sekitar 10,5 mm x 44,5 mm. Baterai AAA digunakan untuk remote TV atau AC dengan kapasitas kurang lebih 800-1000 mAh.

2. Baterai tipe AA

Baterai dengan tipe AA atau baterai AA berbentuk tabung dan berukuran lebih besar dari baterai AAA. Nah baterai AAA merupakan jenis baterai yang banyak dijual di pasaran. Penggunaan baterai ini untuk beragam perangkat elektronik mulai dari mainan, jam dinding, remote control dan lain sebagainya. Ukurannya pun lebih besar dari baterai AAA yaitu 14,5 mm x 50,5 mm dengan kapasitas umum 600-1000 mAh.

3. Baterai tipe C

Jenis masih berbentuk tabung, namun memiliki bentuk lebih besar daripada baterai AA dan biasanya digunakan untuk senter. Dimensinya sekitar 26,5 mm x 50 mm dengan kapasitas kurang lebih 4500 sampai 6000 mAh.

4. Baterai tipe D

Baterai dengan tipe D ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan baterai dengan jenis tipe C. Biasanya baterai ini digunakan untuk radio portable dengan dimensi sekitar 34,2 mm x 61,5 mm dan kapasitas kurang lebih sekitar 10.000 sampai 12.000 mAh.

5.Baterai 9 volt

Baterai 9 volt ini sering disebut sebagai baterai kotak, karena bentuknya yang kotak. Tipe baterai ini berbeda sendiri dibandingkan dengan baterai baterai sebelumnya. Baterai ini biasa digunakan untuk gitar elektrik atau efek gitar, dan lain sebagainya.

Nah itu dia penjelasan mengenai 5 jenis baterai berdasarkan ukurannya. Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “5 Jenis Baterai Berdasarkan Ukurannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *