Cara Jitu Menghadapi Ujian Skripsi Online

Kali ini ILMUTEKNIK akan memberikan tips dan trik dalam menghadapi ujian skripsi online. Yups dalam waktu dekat banyak sekali mahasiswa yang akan melaksanakan ujian skripsi atau tugas akhir. Ditengah pandemi yang tak kunjung usai ini, sebagian besar universitas-universitas melakukan kebijakan dimana ujian skripsi dilakukan secara online.

Sama halnya dengan ujian skripsi offline, dalam ujian skripsi online kamu perlu mempersiapkan banyak hal agar ujian kamu berjalan lancar. Pastinya kamu tidak mau kan, jika segala persiapan yang telah kamu siapkan menjadi kacau.

Ini dia cara jitu menghadapi ujian skripsi online.

1. Kuasai dan Pahami Materi

Yups, tentu saja penguasaan materi adalah kunci keberhasilanmu dalam menjalani ujian. Jika kamu sudah berusaha keras dalam membuat proposal, melakukan penelitian atau membuat alat, kemudian menyusun skripsi, pastinya kamu sudah tahu seluk beluk skripsimu dengan baik.

Sehingga yang cukup kamu lakukan adalah mempersiapkan materi yang akan dijelaskan ke dosen penguji. Saat ujian berlangsung mungkin kamu perlu melihat lagi materi tersebut. Alangkah baiknya siapkan catatan khusus yang berisi point-point penting dari skripsimu.

Baca juga Prospek Kerja Perempuan Lulusan Teknik Sipil

2. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing

Kalau kamu sendiri masih kesulitan memahami isi skripsimu, segeralah berdiskusi dengan dosen pembimbing, agar seteiap masalah tersebut ditemukan solusinya. Selain itu biasanya dosen pembimbing akan memberikan bayangan mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan dosen penguji nantinya. Biarkan beliau bertindak seolah-olah dosen penguji, persilakan untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi skripsi tersebut.

3. Buatlah Power Point yang Menarik dan Ringkas

Tak perlu bertele-tele dalam membuat power point, buatlah seringkasi mungkin. Intinya yaitu kamu paham dan mampu menjelaskan materi tersebut dengan baik. Biasanya durasi presentasi yang diberikan yaitu 5-10 menit. Agar lebih menarik gunakan animasi dan pemilihan warna latar belakang yang soft, sehingga nyaman dilihat.

4. Latihan Presentasi dengan teman atau di depan cermin.

Sejujurnya saya pun tidak pernah melakukan cara ini. Jika kamu sudah terbiasa melakukan presentasi di depan kelas dan sudah benar-benar paham tentang materi yang kamu bawakan mungkin kamu akan merasa biasa saja saat mempresentasikan skripsimu di depan para dosen penguji.

Nah bagi kamu yang belum terbiasa berpresentasi di depan orang, sebaiknya kamu berlatih presentasi di depan temanmu atau cermin. Siapkan catatan yang berisi langkah-langkah presentasi, mulai dari perkenalan hingga sesi tanya jawab. Semakin sering kamu berlatih maka semakin siap mentalmu dalam menghadapi ujian skripsi online nantinya.

5. Berdoa

Berdoa merupakan suatu usaha dan sumber kekuatan. Berdoalah ke Tuhan dan mintalah doa restu kedua orang tua, keluarga besar, pacar dan teman-temanmu agar ujianmu kali ini sukses dan lancar. Paling tidak dengan berdoa, kamu menjadi lebih tenang dan siap.

6. Tidur yang Cukup

Tidur dan istrirahatlah secukupnya. Hal ini diperlukan agar tubuhmu segar dan pikiranmu jernih. Jangan sampai semua persiapan yang kamu lakukan kacau akibat kamu kurang tidur. Belajar memang harus, namun perlu diseimbangkan dengan tidur yang cukup.

Baca juga 5 Jenis Baterai Berdasarkan Ukurannya

Akhirnya hari yang sudah ditentukan tiba, saatnya kamu ujian nih. Berikut akan ILMUTEKNIK jelaskan persiapan-persiapan yang perlu kamu lakukan saat sidang skripsi online.

1. Koordinasikan dengan Orang Serumah

Koordinasikan dengan keluarga atau orang lain yang tinggal serumah denganmu, jelaskan bahwa kamu butuh keheningan dan konsentrasi saat sidang skripsi berlangsung. Sampaikan hal-hal yang jangan dilakukan saat kamu ujian, seperti berbicara keras, memotret, menontonmu dll, karena ini kamu anggap bisa memecah konsentrasimu.

2. Bersiap-siap Lebih Awal dari Jadwal yang Sudah Ditentukan

Setidaknya 1 jam sebelum ujian kamu harus sudah siap, karena banyak hal-hal teknis yang perlu dipersiapkan saat sidang skripsi online. Hal ini dilakukan agar kamu lebih siap dan bisa lebih tenang.

3. Gunakan Pakaian yang Sudah Ditentukan

Setiap universitas atau perguruan tinggi umumnya telah menentukan pakaian yang dikenakan saat ujian skripsi berlangsung. Pastikan pakaianmu telah sesuai dan rapi. Umumnya kemeja putih dengan jas atau almamater dan celana hitam berbahan kain.

4. Atur Tempat dan Pencahayaan

Pilihlah tempat yang sesuai, pilihlah background yang bersih dan pencahayaan terbaik. Jika dirasa masih kurang terang, kamu bisa menambahkan lampu belajar, dengan begitu dosen penguji bisa melihat wajahmu dengan jelas.

5. Pastikan Semua Peralatan dan Internet Berfungsi dengan Baik

Karena sidang skripsi dilakukan online kamu pasti membutuhkan laptop atau PC serta koneksi internet yang stabil. Pastikan PC dan laptop kamu berfungsi dengan baik, mulai dari kamera hingga audionya sehingga tidak mengganggu jalannya sidang skripsi online.

6. Siapkan Semua Dokumen dalam 1 Folder

Buatlah satu folder khusus yabg berisi dokumen-dokumen skripsimu, baik itu foto dokumentasi, jurnal dan referensi-referensi skripsimu. Sehingga apabila dibutuhkan kamu tau harus pergi kemana, tanpa harus mencari-cari folder lain.

Kamu tidak mau kan, jika sampai salah menampilkan dokumen lain saat ujian skripsi online. Daripada nggak lulus atau nilaimu berkurang karena adanya kesalahan file yang ditampilkan, maka segera siapkan satu folder khusus ini.

Tips dan Trik Menghadapi Sidang Skripsi

1. Optimis dan Percaya Diri

Setelah skripsimu dikumpul, maka tidak ada yang bisa dilakukan lagi. Berhenti merasa khawatir, dan siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian skripsi online yang sudah di depan mata.

2. Terima Setiap Masukan

Banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa dosen penguji tidak akan memaksamu untuk mengetahui semua hal. Sangat dimaklumkan apabila kamu tidak bisa menjawab atau tidak mengetahui beberapa hal yang ada di skripsimu.

Ketika kamu tidak bisa menjawab, berikan pernyataan yang jujur bahwa kamu tidak tahu. Apabila kamu tidak yakin dengan jawabanmu, sampaikan bahwa kamu tidak tahu, kemudian diikuti dengan pendapat dan analisamu sendiri. 

3. Jangan Mengeluarkan Argumen yang Tidak Masuk Akal

Hindari menjawab pertanyaan dengan argumen tidak masuk akal hanya karena kamu tidak mau mengakui bahwa kamu tidak tahu. Dosen penguji pasti maklum dan justru menghargai setiap pendapat dan kejujuran mahasiswanya, dibandingkan mahasiswa yang malah bersikeras dan mendebat dengan jawaban yang salah.

Baca juga Kenapa Warna Api Bermacam-macam

4. Simak dan Catat Setiap Masukan

Revisi merupakan hal wajib, saat sidang dosen penguji akan menyampaikan hal-hal yang perlu direvisi. Oleh karena itu pastikan kamu menyimak dengan baik dan memahami setiap masukan dan poin revisi yang diberikan. Berikan pertanyaan jika kamu masih merasa kurang jelas.

Demikian tips menghadapi ujian skripsi online yang dapat kamu persiapkan jauh-jauh hari. Semangat ya buat kamu. Semoga berhasil 🙂

 Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Cara Jitu Menghadapi Ujian Skripsi Online

  • September 6, 2021 pada 8:18 am
    Permalink

    Mantap sekali konten yang membantu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *