Prospek Kerja Perempuan Lulusan Teknik Sipil

Prospek kerja perempuan lulusan teknik sipil – Kalau kita bicara tentang jurusan Teknik Sipil pasti hal yang kita pikirkan adalah mayoritas laki-laki. Memang benar mayoritas di jurusan teknik adalah laki-laki dan perempuan adalah sebagai kaum minoritas. Kemudian yang kedua adalah banyak kegiatan di outdoor. Karena di jurusan Teknik Sipil teori pasti berhubungan dengan praktik secara nyata dan kebanyakan praktikum yang ada di jurusan teknik sipil dilakukan di outdoor. Beberapa praktikum yang dilakukan seperti ilmu ukur tanah, mekanika tanah dan lain sebagainya. Ketiga yaitu kerasnya dunia sipil, dimana kita di tuntut untuk tahan banting dalam menyelesaikan banyaknya tugas di jurusan teknik sipil. Tugas tersebut baik dari teori maupun praktikum. Apabila kita di jurusan teknik sipil, kita harus tumbuh dan berkembang karena ilmunya selalu update.

Nah, langsung saja kita bahas mengenai prospek kerja bagi perempuan lulusan teknik sipil. Jadi untuk prospek kerja perempuan lulusan teknik sipil yang pertama yaitu kita bisa masuk sebagai perencana struktur, atau biasa kita sebut sebagai konsultan perencana. Dalam membuat sebuah konstruksi bangunan tentunya tidak bisa sembarangan oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang tepat, nah disini kaum perempuan bisa memilih pekerjaan ini, apalagi perempuan dikenal lebih teliti, detail dan sabar.

Prospek kerja perempuan lulusan teknik sipil yang kedua yaitu sebagai quality control. Pada bidang quality control ini juga bisa dimasuki oleh perempuan. Dimana tugas dari quality control atau QC adalah untuk mengecek dan juga memastikan kualitas pekerjaan di proyek tersebut telah sesuai dengan spesifikasi teknik yang sudah isyaratkan. Jadi tidak hanya laki-laki saja yang dapat menjadi QC, perempuan juga bisa masuk di bidang quality control.

Selanjutnya perempuan lulusan teknik sipil bisa masuk sebagai konsultan pengawas. Jadi konsultan pengawas adalah pihak yang ditunjuk oleh pemilik atau owner sebagai wakilnya dalam melakukan pengawasan di lapangan. Sebagai perempuan lulusan teknik sipil kamu bisa memasuki bidang ini.

“Kamu kuliah di jurusan teknik sipil ya, pasti nantinya jadi pegawai negeri sipil” itu adalah contoh kalimat yang sering diucapkan oleh masyarakat awam. Sebenarnya lulusan teknik sipil memang dapat menjadi pegawai negeri sipil. Nah itu sebagai perempuan kamu dapat masuk sebagai pegawai negeri sipil di dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat, dll.

Sebenarnya masih banyak prospek pekerjaan bagi para perempuan lulusan teknik sipil, jadi itu bukan pembatas untuk perempuan bisa berkarir di dunia teknik sipil. Bagi kalian mashasiswi – mahasiswi yang sedang menempuh kuliah jurusan teknik sipil tidak usah khawatir dan tetap semangat untuk menyelesaikan kuliahnya. Semoga nantinya kita dapat ikut memajukan pembangunan dan infrastruktur di Indonesia.

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

2 thoughts on “Prospek Kerja Perempuan Lulusan Teknik Sipil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *