7 Tips Memasang Lampu Downlight yang Tepat

Kali ini ILMUTEKNIK akan memberikan 7 tips memasang lampu downlight yang tepat. JIka kamu mempunyai rumah dengan luas terbatas ada beberapa aspek yang perlu diperharikan, seperti pemilihan warna dan furniture ruangan. Selain itu kamu juga perlu memikirkan tata letak pencahayaan yang tepat, agar ruangan terlihat lebih luas baik alami atau buatan. Cahaya yang terang akan memberikan kesan terbuka, sehingga memberikan kesan bahwa ruangan tampak lebih luas.

Salah satu pencahayaan buatan yang bisa anda pilih yaitu dengan memasang lampu downlight. Jenis lampu downlight biasanya dipakai sebagai pencahayaan utama di rumah. Keunggulan lampu ini yaitu pemasangannya tersembunyi di dinding atau plafon, sehingga tidak membutuhkan ruang ekstra dan membuat rumah terlihat lebih lapang.

Berikut ini merupakan 7 Tips Memasang Lampu Downlight yang Tepat.

1. Pilih jenis lampu downlight yang tepat

Jenis lampu yang paling disarankan untuk lampu downlight adalah jenis lampu LED, karena bisa memberikan kesan luas dengan hasil yang maksimal. Keuntungan lainnya yaitu sangat mudah dipasang dan tidak memerlukan penyesuaian yang rumit saat direnovasi. Lampu ini memiliki tingkat pencahayaan yang beragam dan dapat disesuaikan pada berbagai macam ruangan. Lampu LED juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi tagihan listrik, namun lampu ini harus rajin dirawat agar tahan lama.

2. Atur tata letak agar cahaya menyebar

Untuk membuat ruangan tampak lebih luas, 1 lampu saja tidak cukup. Hal ini disebabkan cahaya yang dihasilkan dari 1 lampu hanya akan menyorot suatu area ruangan saja, sehingga efek yang dihasilkan malah akan membuat ruangan tampak penuh. Coba pasang beberapa downlight dengan pola yang merata. Cahaya yang menyebar ini akan membuat ruangan lebih luas. Kamu bisa membuat skema pencahayaan downlight yang bervariasi antara lampu plafon dan lampu dinding. Perpaduan ini akan menghasilkan seluruh area ruangan yang lebih terang, dan tidak ada lagi Spot gelap yang membuat ruangan terlihat sempit.

3. Gunakan teknik wall washing untuk efek dramatis.

Teknik ini bisa dengan mudah dilakukan dengan membuat fokus cahaya pada beberapa fitur ruangan. Salah satu caranya adalah dengan mengarahkan cahaya lampu ke dinding, sehingga bisa membuat ruangan terkesan lebih rapi sekaligus menyebarkan cahaya secara merata di dinding dan lorong rumah yang sempit. Cara ini akan memberikan ilusi ruang yang lebih luas Kamu juga bisa menggunakan teknik ini untuk memamerkan dekorasi ruangan yang menarik, seperti lukisan, kolase foto, dan sebagainya.

Baca juga 7 Tips dalam Memilih Lampu Downlight LED yang Tepat

4. Tentukan trim yang sesuai.

Trim adalah bagian yang terdapat pada lampu yang tampak dalam ruangan dan menjadi penentu seberapa besar diameter lubang yang diperlukan untuk memasang lampu downlight. Trim llampu downlight ini terbagi menjadi beberapa macam desain yang bisa disesuaikan dengan jenis rumah, seperti rumah Eropa, minimalis dan lainnya.

5. Pasang downlight di sudut ruangan

Untuk membuat ruangan terkesan lebih luas Kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan pada sudut ruangan. Pencahayaan yang biasanya hanya berfokus pada tengah ruangan akan membuat sudut ruangan terkesan suram dan membuat ruangan terlihat sempit. Pemasangan downlight LED yang merata hingga ke sudut ruang akan membuat ruangan terlihat lebih lapang.

6. Gunakan teknik grazing

Teknik grazing bertujuan untuk menonjolkan tekstur dinding dari lampu downlight. Teknik ini cocok digunakan untuk Kamu yang mempunyai dinding yang terbuat dari material batu bata, marmer, kayu, dan sebagainya. Jarak pemasangan lampu dan dinding pada teknik ini lebih dekat jika dibandingkan dengan teknik wall washing . Teknik ini juga memungkinkan kamu untuk bermain dengan berbagai tipe downlight.

Baca juga

7. Ketahui kebutuhan pencahayaan

Dalam menata downlight pada ruangan, kamu harus tahu kebutuhan cahaya pada ruangan tersebut. Jangan sampai setelah dipasang cahaya yang ditampilkan terlalu berlebihan atau bahkan kurang. Oleh karena itu pertimbangkan dimensi ruangan untuk menentukan berapa jumlah lampu yang dibutuhkan. Selain itu pertimbangkan juga fungsi ruangan untuk menentukan jumlah lampu. Siapa yang menyangka hanya dengan memasang lampu downlight dengan cara yang tepat knda bisa membuat ruangan terkesan lebih luas dan cerah.

Itulah 7 tips memasang lampu downlight dalam ruangan. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *