Analisis Tahapan Siklus Proyek Konstruksi

ilmuteknik.id - Analisis Tahapan Siklus Proyek Konstruksi

Analisis Tahapan Siklus Proyek Konstruksi – Perhatikan gambaran tahapan siklus konstruksi pada gambar dibawah ini.

Lakukan analisis apa yang dimaksud dengan tahapan siklus proyek konstruksi:

  1. Basic desain 

Merupakan tahapan dimana dalam menentukan garis besar rencana proyek yang akan dibuat, kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah mengembangkan ikthisiar proyek menjadi penyelesaian akhir, memeriksa masalah teknis. Pada tahap ini dilakukan rancangan desain awal seperti kriteria desain, potongan, denah, gambar situasi, site plan tata ruang, dan estimasi secara global serta mempersiapkan tahapan selanjutnya untuk  rancangan rinci.

Baca juga RESUME BUKU MANAJEMEN KONTRAK KONSTRUKSI KARANGAN SENG HANSEN (2002)

  1. Perencanaan rinci

Merupakan tahap akhir dari perencanaan dan persiapan untuk tahap pelelangan yang  mencakup :  gambar-gambar detail, untuk seluruh bagian pekerjaan  detail spesifikasi, daftar volume (bill of quantity) estimasi biaya konstruksi secara rinci syarat-syarat umum administrasi dan peraturan umum (dokumen lelang). Untuk dipakai sebagai pedoman dalam proses pembelian material, manufaktur, perakitan, dan uji coba.

  1. Fabrikasi

Tahapan pengadaan material konstruksi yang digunakan seperti bagian-bagian struktur.

  1. Penyerahan, penyerahan pekerjaan selesai yang mencakup kegiatan serah terima pekerjaan pertama, pemeliharaan,. dan serah terima pekerjaan akhir merupakan suatu kegiatan akhir dalam pelaksanaan pekerjaan jalan terutama berkaitan dengan proses pelaksanaan pekerjaan oleh kontraktor.
  2. Pengetesan

Pengetesan merupakan tahap pemeriksaan layak fungsi dari proyek yang telah selesai dibangun beserta dengan aksesoris dan finishingnya apakah sudah sesuai dengan perencanaan sebelum serah terima pekerjaan. 

Baca juga Pasal Rawan dalam Kontrak Konstruksi

Penerapan SMK3 wajib dilaksanakan mulai tahapan awal sampai akhir pada tahapan siklus proyek konstruksi (Lihat Gambar 1). Khususnya pada tahapan Desain Perencanaan, lakukan: Identifikasi Bahaya yang mungkin terjadi, bagaimana melakukan pengendalian resiko.

Semoga artikel tentang Analisis Tahapan Siklus Proyek Konstruksi ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags:

  • 6 tahapan siklus proyek
  • siklus hidup proyek konstruksi gedung
  • contoh siklus hidup proyek pembangunan apartemen
  • siklus hidup proyek pdf
  • contoh siklus hidup proyek konstruksi
  • 4 tahapan dalam siklus hidup proyek
  • siklus proyek menurut para ahli
  • perbedaan siklus hidup proyek dan siklus perencanaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.