Yuk Kenali Apa itu Isolasi Ac dan Jenis-jenisnya

Isolasi AC (Air Conditioner) merupakan suatu aksesoris tambahan dalam sebuah instalasi pendingin ruangan. Duct tape ac atau bahasa awamnya Isolasi ac atau lakban ac memiliki peranan penting agar sistem pendingin ruangan berfungsi dengan optimal.

Kali ini ilmuteknik akan membahas tentang apa itu isolasi ac atau duct tape, semoga dengan adanya artikel ini kalian dapat memahami pengertian dan kegunaannya dengan benar.

Apa itu isolasi ac atau duct tape

Secara garis besar dalam sebuah instalasi pendingin ruangan sederhana yang menggunakan AC Split ada beberapa material utama seperti, unit indoor maupun outdoor AC, kabel power, pipa refrigerant dan pipa drain. Sementara material bantu ada bracket/dudukan ac, insulation, dan isolasi ac.

ilmuteknik.id - Pemasangan isolasi ac
Pemasangan duct tape

Beberapa fungsi isolasi ac antara lain yaitu :

1. Menambah estetika

Pipa dan kabel kontrol yang dibungkus atau dibalut dengan duct tape akan menjadi lebih rapi dan bersih. Sehingga akan sedap dipandang dan tidak merusak estetika bangunan itu sendiri.

2. Mengatasi Kebocoran Pipa

Namun bukan berarti kamu bisa memperbaiki kebocoran pipa hanya dengan memberikan isolasi ac, mengatasi kebocoran pipa yang dimaksud disini yaitu sebagai penahan kebocoran sementara. Dengan adanya duct tape ini setidaknya sedikit menahan besarnya gas freon yang keluar, karena gas ini bisa berbahaya untuk kesehatan.

3. Mencegah Kondensasi

Sebenarnya untuk mecegah terjadinya kondensasi digunakan insulasi ac, bisa menggunakan insulasi bawaan pabrik yaitu pre isulated pipe ataupun insulasi terpisah. Insulasi ini bentuknya mirip seperti spons, ada yang berwarna putih ada juga yang hitam.

Kondensasi bisa terjadi jika karena ada celah antara pipa (refrigerant / drain) dengan pembungkus pipa atau insulasi. Pemasangan atau pembungkusan dengan duct tape dibuat rapat dan kencang, hal ini dimaksudkan untuk merekatkan dan menghilangkan celah antara pipa dengan insulasi.

4. Penangkal Panas

Setidaknya sampai saat ini ada 4 jenis isolasi ac, yaitu duct tape dengan lem, duct tape tanpa lem, metalizing tape dan duct tape aluminium. Untuk duct tape aluminium dapat berfungsi sebagai pencegah panas agar tidak masuk ke sistem pendingin ac.

Baca juga >> Kerusakan-Kerusakan pada AC Split dan Cara Memperbaikinya

Jenis-jenis Isolasi AC

Ada 4 jenis isolasi ac atau duct tape yang ada, ketiga jenis ini memiliki keunggulannya masing-masing.

1. Duct tape dengan lem

Bahan duct tape ini yaitu poly vinyl chloride, sementara lem atau perekatnya terbuat dari karet. Isolasi yang sudah disertai lem ini akan mempermudah pemasangannya, sehingga lebih cepat dan rapi.

Kekurangan duct tape ini yaitu bersifat permanen sehingga tidak bisa dilepas lagi, sehingga jika ingin melepas maka harus merusak insulasinya juga, dari segi harga juga lebih mahal dibandingkan duct tape tanpa lem.

2. Duct tape tanpa lem

Duct tape ini tidak dapat digunakan untuk mencegah panas maupun mencegah kondensasi, sehingga fungsinya hanya untuk estetika atau meningkatkan kerapian.

3. Metalizing tape

Mungkin isolasi ini jarang kalian dengar, karena memang jarang digunakan. Secara tampilan metalizing tape memang mirip dengan duct tape aluminium, namun dari segi fungsi sangat berbeda. Metalizing tape hanya dapat digunakan untuk menahan kondensasi saja.

4. Duct tape aluminium

Duct tape aluminium ini berfungsi untuk mencegah masuknya panas kedalam sistem pendingin, dengan tidak adanya panas yang masuk maka sistem pendingin ac akan berfungsi secara efektif. Penggunaannya lebih banyak untuk sistem pendinginan dengan ducting.

Baca juga >> Cara Mudah Membersihkan AC Rumah (AC-Split) dalam 30 Menit

Terima kasih semoga bermanfaat. Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Yuk Kenali Apa itu Isolasi Ac dan Jenis-jenisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *