Pengertian Insulasi AC dan Fungsinya

Insulasi AC – Salah satu masalah yang sering terjadi dalam sebuah insalasi pendingin ruangan baik yang menggunakan AC Split mapun chiller adalah terjadinya kondensasi. Menurut ilmu fisika kondensasi adalah peristiwa perubahan bentuk atau wujud suatu benda menjadi wujud yang lebih padat, contohnya gas (uap) yang berubah wujud menjadi cairan.

ilmuteknik.id - pemasangan insulasi terpisah
Pemasangan Insulasi Terpisah

Sementara yang dimaksud kondensasi pada AC yaitu suatu kejadian terbentuknya embun atau pengembunan yang menyebabkan pipa seperti berkeringat bahkan menetes atau bocor. Kondensasi dapat terjadi di pipa refrigerant maupun pipa drain dan dapat dicegah menggunakan insulasi ac yang tebal dan tepat.

Pengertian Insulasi ac

Pengertian insulasi ac adalah suatu material yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kondensasi atau pengembunan pada sebuah instalasi pemipaan sistem pendingin ruangan. Insulasi ini berfungsi sebagai lapisan pelindung dan megisolasi panas/dingin dari sistem pemipaan tersebut.

Fungsi lain dari insulasi ac yaitu:

1. Mencegah korosi
Udara yang lembab memicu terjadinya korosi pada pipa refrigerant, sehingga penggunaan insulasi ini sangat dibutuhkan. Dengan adanya insulasi ini korosi pun dapat terhindarkan. Semakin dingin dan semakin tinggi tingkat kelembaban sistem pemipaaan maka semakin tebal juga insulasi yang dibutuhkan.

2. Proteksi terhadap suhu
Dengan adanya insulasi maka suhu pipa akan lebih stabil, hal ini dikarenakan insulasi mencegah perpindahan panas dari sistem ke lingkungan, sehingga perpindahan panas dapat diperkecil.

3. Proteksi terhadap kontak fisik
Pipa refrigerant ac sangatlah sensitif, mudah bengkok dan mudah tergores. Goresan dan bengkokan ini memungkinkan terjadinya kebocoran, oleh karena itu perlu dilakukan perlindungan terhadap pipa-pipa sistem pendingin.

Secara tekstur insulasi ac mirip dengan spons, dari segi warna biasanya ada warna putih dan hitam. Ada berbagai macam pilihan merk yang beredar di pasaran seperti armaflex, insulflex, superlon dan thermaflex.

Untuk mengetahui berbagai ukuran dan harga insulasi ac, silakan cek disini.

Jenis – Jenis Insulasi AC

1. Pre Insulated Pipe

ilmuteknik.id - Pre Insulated Pipe
Pre Insulated Pipe

Jika kamu membeli unit ac split baru, pasti kamu akan diberikan pipa yang sudah terbungkus insulasi. Nah insulasi ini lah yang dinamakan Pre Insulated Pipe, umumnya berwarna putih dan sudah terpasang menjadi satu dengan pipa. Jadi kamu sudah tidak perlu repot-repot memasang insulasi lagi dan bisa langsung diinstalasi.

Pre Insulated Pipe merupakan insulasi bawaan pabrik sehingga sudah sesuai standar. Semakin tebal insulasi yang digunakan maka semakin baik. Ketebalan insulasi ini tentunya juga dipengaruhi oleh ketebalan pipa yang digunakan.

2. Insulasi Terpisah

ilmuteknik.id - Insulasi Terpisah Merk Insulflex
Insulasi Terpisah Merk Insulflex

Nah ini dia yang lebih mantap, yaitu insulasi terpisah. Insulasi ac terpisah ada yang berbentuk lembaran dan ada juga yang berbentuk seperti pipa dengan warna hitam. Untuk insulasi terpisah yang berbentuk pipa ada 2 buah ukuran yaitu diameter dalam dan ketebalan insulasi.

Diameter dalam disesuaikan dengan diameter pipa (refrigerant / drain) yang digunakan, sementara ketebalan bervariasi. Semakin tebal maka semakin bagus namun harganya juga akan semakin mahal.

Insulasi terpisah ini lebih sering digunakan pada proyek-proyek besar, dimana membutuhkan proteksi ekstra sehingga lebih aman. Proteksi ekstra yang dimaksud yaitu dengan membungkus Pre Insulated Pipe dengan insulasi terpisah, sebenarnya salah satu saja sudah cukup namun boleh-boleh saja untuk melakukannya. Pada bangunan yang jarak indoor unit dan outdoor unitnya berjauhan juga digunakan insulasi terpisah.

Agar instalasi pemipaan lebih rapi dan estetik perlu ditambahan duct tape atau isolasi ac untuk membungkus insulasi ac.Yuk Kenali Apa itu Isolasi Ac dan Jenis-jenisnya

Baca juga Kerusakan-Kerusakan pada AC Split dan Cara Memperbaikinya

One thought on “Pengertian Insulasi AC dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *