Apa itu penekukan atau bending ?

Penekukan atau bending merupakan proses menekuk atau melipat bahan kerja bisa berupa plat maupun pipa silinder dengan cara manual ataupun bantuan mesin. Alat bending manual digunakan untuk menekuk atau melipat plat yang mempunyai ketebalan kurang dari 3 mm dan panjang maksimal 1,5 meter. Sementara untuk menekuk pipa silinder kita menggunakan alat bending khusus pipa silinder.

Sebuah plat yang mengalami proses penekukan akan teradi peregangan, netral dan pengkerutan. Peregangan pada plat dapat dilihat saat proses penekukan, dimana sisi luar akan mengalami deformasi plastis atau perubahan bentuk. Peregangan ini menyebabkan terjadinya pertambahan panjang pada plat. Daerah yang tidak mengalami perubahan (panjang) disebut daerah netral. JIka disisi luar mengalami perpanjangan, maka disisi dalam mengalami perpendekan. Penekukan menyebabkan sisi dalam mengalami penekanan sehingga mengkerut dan ketebalan bertambah.

Langkah – Langkah Penekukan

Langkah penekukan plat harus mempertimbangkan sisi bagian plat yang dibentuk, karena jika uruntan langkah pengerjaan salah kemungkinan besar akan gagal. Lipatan pada tepi maupun body bertujuan untuk memberikan kekakuan pada bentangan plat. Silakan amati gambar proses penekukan plat dibawah ini.

ilmuteknik.id - Langkah penekukan tepi plat
Gb. Langkah Penekukan Tepi Plat

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mulai proses penekukan.

1. Selalu periksa dies, sepatu pembentuk dan sudut penekukan yang dikehendaki.

2. Beri tanda pada bagian plat ang akan ditekuk, bisa menggunakan spidol atau penggores.

3. Pastikan posisi tanda yang akan ditekuk sudah sesuai dengan posisi dies.

4. Jepit plat dengan kuat, sehingga posisinya tidak berubah.

5. Atur sudut penekukkan sesuai kebutuhan, lalu mulailah proses penekukkan sambil memerhatikan sisi yang akan ditekuk.

Macam – Macam Proses Penekukan / Bending

  • Bending Ram
    • Digunakan untuk membengkokkan sebuah plat menjadi lengkungan besar.
  • Bending Rotary Draw
    • Proses bending ini menggunakan 2 cetakan, yaitu cetakan bending stasioner dan cetakan bending dengan diameter tetap untuk membuat sebuah lengkungan. Digunakan untuk membuat benda-benda yang memiliki diameter konstan secara keseluruhan.
  • Bending Mandrel
    • Menggunakan cetakan bending rotary. Untuk menjaga agar interior plat tidak rusak, digunakan support fleksible yang akan ikut bengkok juga.
  • Bending Induksi Panas
    • Seperti namanya “induksi panas” maka proses bending ini menggunakan panas dari sebuah kumparan listrik untuk membengkokkan area yang diinginkan. Setelah plat atau logam bengkok, lalu didinginkan menggunakan air sehingga hasilnya lengkungannya akan lebih kuat.
  • Bending Roll
    • Digunakan untuk membuat sebuah lengkungan besar. Biasanya sebuah bending roll menggunakan 3 buah roller yang disusun membentuk segitiga.
  • Bending Panas
    • Diaplikasikan untuk proses perbaikan logam / plat, yaitu dengan memanaskan area yang akan dibengkokkan sehingga lunak dan mudah ditekuk.
ilmuteknik.id - Alat bending plat atau pipa
ilmuteknik.id - Alat bending plat atau pipa

Alat penekuk atau bending pipa diatas didesain guna mempermudah pekrjaan penekukan pipa, baik itu untuk istalasi pemipaan ataupun untuk hiasan.Desain alat penekuk pipa besi ini di desain menggunakan program AUTODESK INVENTOR 2016. Jadi jika anda berminat dengan desain alat penekuk pipa ini anda dapat menghubungi kami via INSTAGRAM diĀ @iteknik_official.

Butuh referensi gambar alat atau mesin lainnya?? Silakan klik tautan dibawah ini

DAFTAR DESAIN ALAT ATAU MESIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *