Arti warna helm proyek dan fungsinya

Apa sih arti warna helm proyek? Kok warnanya banyak banget.

Kali ini ilmuteknik akan membahas tentang arti warna helm proyek, namun sebelum kita bahas arti warnanya kalian harus tau fungsi helm tersebut.

Bagi masyarakat tentunya sering melihat para pekerja konstruksi yang memakai helm ketika bekerja, bahkan untuk tamu yang cuma sekedar berkunjung pun diwajibkan untuk memakai helm tersebut. Tujuan utama di pakainya helm proyek atau istilah resminya helm safety yaitu untuk melindungi jatuhan material dari atas ketika para pekerja sedang bekerja, menghindari terik matahari dan mencegah rambut kotor.

Ternyata warna helm proyek ini ada artinya, tiap warna mencerminkan posisi atau jabatan orang tersebut dalam suatu proyek, jadi kamu tidak bisa suka-suka pilih warna helm proyek saat berada di lokasi proyek. Namun aturan ini tidak berlaku secara umum di semua negara ataupun perusahaan.

Warna-warna cerah merupakan ciri khas helm proyek, dipilihnya warna-warna terang seperti merah,kuning,biru,putih dll bertujuan untuk memudahkan pengawasan di area proyek yang luas.

ilmuteknik.id - Warna helm safety proyek
Warna-warna helm safety proyek

Macam-macam warna dan arti warna helm proyek

1. Helm Proyek Warna Putih

Orang-orang yang memakai helm dengan warna putih biasanya adalah para manajer proyek, pengawas proyek, para insinyur dan juga mandor. Ini merupakan kasta tertinggi dalam suatu proyek, merekalah yang bertanggung jawab atas segala sesuatu mengenai pekerjaan proyek.

2. Helm Proyek Warna Kuning

Helm kuning, merupakan warna helm yang paling banyak pemakainya. Dalam suatu proyek helm ini biasa dipakai oleh biasa Sub-Kontraktor ataupun tenaga kerja. Warna ini tergolong cukup mencolok dengan warna yang mencolok ini mereka akan lebih mudah terlihat. Apabila ada kendaraan yang lalu-lalang diharapkan resiko kecelakaan pun bisa diminimalisir.

Baca juga >> Pipa PPR – Higienis, Aman dan Ramah Lingkungan

3. Helm Proyek Warna Biru

Helm proyek dengan warna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor dan pengawas sementara. Namun kenyataannya di lapangan helm ini lebih sering digunakan oleh operator alat-alat berat seperti Excavator, bulldozer dan crane.

4. Helm Proyek Warna Hijau

Beberapa pekerja proyek membutuhkan tenaga orang untuk membersihkan sampah-sampah di area proyek. Tenaga kerja dengan tugas ini diberikan helm berwarna hijau yang biasanya digunakan untuk petugas cleaning dan lingkungan. Alasan menggunakan helm warna ini mungkin sesuai semboyan mereka yaitu go green.

5. Helm Proyek Warna Pink

Helm warna pink biasanya dipakai para pekerja baru ataupun anak-anak magang. Jadi berbahagia lah kamu anak magang yang memakai helm warna pink, karena kamu bisa bergaya dengan helm proyek selama magang.

6. Helm Proyek Warna Orange

Tamu perusahaan atau dari luar yang datang meninjau lokasi proyek biasanya mereka diberi helm keselamatan yang berwarna orange.

7. Helm Proyek Warna Merah

Helm warna merah ini bisa dibilang paling sedikit digunakan, namun perannya sungguh besar untuk pekerjaan proyek. Helm ini dipakai oleh petugas keselamatan K3, Para petugas K3 mungkin agak bawel, namun itu bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja seluruh orang yang ada di proyek tersebut.

Terima kasih semoga bermanfaat. Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *