Lompat ke konten

Beberapa Pertimbangan dalam Perencanaan CCTV

ilmuteknik.id - Beberapa Pertimbangan dalam Perencanaan CCTV

Perencanaan CCTV – Seiring berkembangnya zaman, jenis peralatan CCTV semakin banyak dikembangkan misalnya dome camera, IR camera, DVR, dan peralatan pendukung CCTV lainnya. Inilah 10 Jenis CCTV yang Jarang Diketahui Orang

Kali ini ILMUTEKNIK akan menjelaskan mengenai elemen-elemen atau pertimbangan-pertimbangan dalam perencanaan CCTV.

Dalam perancangannya, terdiri dari 6 elemen penting yaitu: pengambilan gambar lingkungan, lensa kamera, media transmisi, monitor, manajemen sinyal video dan peralatan kendali.

Aspek pencahayaan adalah unsur yang sangat penting dalam perencanaan CCTV. Tanpa adanya kualitas dan kuantitas cahaya yang cukup, maka kamera tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika tingkat pencahayaan tidak mencukupi, maka ada dua solusi yang digunakan: menambah cahaya atau memilih kamera dengan sensitivitas tinggi. Kualitas cahaya pada CCTV hampir sama dengan fungsi mata perbedaan mendasar adalah kamera mampu melihat cahaya yang tidak dapat dilihat oleh mata, cahaya tampak terjadi pada spektrum warna merah, orange, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Kamera mampu mendeteksi warna mendekati infrared dalam rentang 750 nm – 1150 nm. 

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Kuantitas cahaya pada CCTV (jumlah cahaya) lebih penting dari pada kualitas cahaya, suatu besaran yang digunakan untuk menyatakan ukuran kuantitas cahaya adalah foot candle.

Foot candle: satu lumen dari kuat penerangan per foot kuadrat Lumen adalah ukuran kuat penerangan secara matematis terhdap pemanfaatan ruang atau bangunan dan satuan untuk foot candle adalah lux. 1 lux = 1 kuat penerangan meter kuadrat misalnya: suatu stadion olahraga mempunyai tingkat cahaya mencapai 200 foot candle atau lebih.

Baca juga Beberapa Istilah dalam Pencahayaan Alami

ilmuteknik.id - efek terang dan bayangan saat terkena cahaya
Efek terang dan bayangan saat terkena cahaya

Dalam kuantitas cahaya pada cctv ada 3 hal yang harus dipertimbangkan dengan baik, untuk memperoleh tingkatan cahaya yang baik, yaitu incident (cahaya berasal langsung dari semua sumber), reflected (cahaya pantulan dari peristiwa ke kamera), image (sebagian cahaya mencapai sensor gambar).

Kuantitas Cahaya untuk menghasilkan sinyal listrik maka cahaya yang membentur sensor gambar harus mencukupi Semakin banyak cahaya yang membentur sensor gambar, maka semakin banyak pula cahaya yang dipantulkan. Pada hari cerah, tingkatan cahaya dapat menjangkau 100.000 lux dan hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah jika cahaya terang secara langsung mengenai kamera. Hal ini harus menjadi pertimbangan penting dalam perencanaan cctv.

Full Video dan usable video, full video merupakan acuan gambar yang menghasilkan peristiwa dengan tingkat ketepatan tinggi usable video merupakan acuan gambar video yang menyediakan informasi tingkat minimum yang diperlukan dalam suatu aplikasi.

Semoga artikel tentang Pertimbangan dalam Sebuah Perencanaan CCTV ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications