Beginilah Prinsip Kerja Gardan Mobil

Prinsip Kerja Gardan Mobil

Differential atau gardan merupakan salah satu komponen mobil dan berguna meneruskan tenaga mesin pada poros roda. Berikut akan ILMUTEKNIK jelaskan mengenai Prinsip Kerja Gardan Mobil

1.Mobil Berjalan Lurus

Pada saat mobil berjalan lurus,ke dua ban roda kiri dan kanan sama – sama dalam kecepatan putaran yang sama,begitu juga dengan beban yang di tanggung ban roda kiri dan kanan adalah sama. Perpindahan dari AS kopel akan di teruskan untuk memutar drive pinion. Kemudian drive pinion akan memutar ring gear bersama – sama dengan differential case akan berputar.

Differential case bertugas untuk menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft, kemudian pinion gear akan memutarkan side gear kiri dan kanan dengan RPM yang sama, karena tahanan roda kiri dan kanan adalah sama sehingga menyebabkan perputaran roda kiri dan kanan sama.

2. Mobil Berbelok Kanan

Saat mobil sedang berbelok, beban yang di tanggung pada roda bagian dalam lebih besar di bandingkan beban yang di tanggung pada roda bagian luar. Drive pinion memutar ring gear,lalu ring gear akan memutarkan differential case. Differential case kemudian menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear akan memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan, karena tahanan roda kanan lebih besar sehingga menyebabkan putaran  roda kiri lebih besar dari roda kanan.

3. Mobil Berelok Kiri

Sama halnya dengan belok ke kanan, drive pinion memutar ring gear,lalu ring gear akan memutarkan differential case. Differential case kemudian menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear akan memutarkan side gear kanan akan mengitari side gear kiri, karena tahanan roda kiri lebih besar sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.

4. Salah Satu Roda Masuk Lumpur

Apabila ada salah satu roda masuk ke dalam lumpur, maka bagian roda yang masuk ke dalam lumpur akan memiliki tahanan yang lebih besar di banding roda yang tidak terjebak ke dalam lumpur. Jadi kecepatan putar roda yang terjebak di dalam lumpur akan lebih lambat di bandingkan roda yang tidak terjebak, menyebabkan sulitnya mengeluarkan roda dari lumpur.

Setelah mengetahui Prinsip Kerja Gardan Mobil alangkah baiknya kamu belajar mengenai komponen-komponen lain dalam sebuah mobil, seperti KOMPONEN DAN PRINSIP KERJA KOPLING MOBIL atau Ciri-ciri plat kopling mobil yang aus atau rusak

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *