Belajar Fungsi Boiler Feed Water Pump

Fungsi boiler feed water pump adalah sebagai proses suplai air bertekanan ke steam boiler. Pompa feed water atau pompa air umpan boiler dapat beroperasi dengan menggunakan suction, melalui pemanas air umpan di deaerator kemudian air umpan langsung didistribusikan ke ketel uap melalui pemanas air umpan bertekanan.

Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk memasok air umpan dan mengontrol volume air umpan.

Salah satu teknik yang digunakan untuk mengatur volume Boiler Feed Water Pump yaitu dengan mengatur kecepatan motor penggerak. Teknik lain adalah dengan menggunakan motor listrik yang beroperasi pada kecepatan yang konsisten, dan dikombinasikan dengan penggerak kecepatan hidrolik yang dapat disesuaikan. Di mana output penggerak kecepatan dapat disesuaikan sesuai keinginan, volume dapat diatur melalui katup pelambatan yang dipasang di antara boiler dan pompa.

Baca juga Bagaimana cara kerja peluru dan apa saja bagiannya?

Katup kontrol air umpan membutuhkan penurunan tekanan tinggi untuk mendapatkan operasi yang benar, untuk alasan itu boiler feed water pump harus ditambahkan dalam kapasitas head.

Mekanisme kerjanya yaitu kondensat di deaerator akan dikondensasi, dan membutuhkan deaerator untuk dinaikkan sejauh mungkin di atas pompa feed water untuk menghasilkan NPSH (Net Positive Suction Head) yang memadai. Demi mencapai ketinggian tersebut tentunya membutuhkan lebih banyak biaya instalasi perpipaan dan struktural. Masalah ini dapat diatasi dengan perakitan pompa penambah yang memberikan kepala hisap ekstra yang berkaitan dengan Boiler Feed Water Pump.

Sedikitnya dibutuhkan 2 buah boiler feed water agar sesuai dengan persyaratan , sehingga menjaga kemampuan boiler saat terjadi kerusakan pompa. Instalasi ini memungkinkan satu pompa melakukan perawatan rutin, dan satu pompa masih beroperasi. Perawatan rutin yang dimaksud misalnya memperbaiki motor penggerak elektrik, mengganti packing seal atau bearing seal.

Resirkulasi boiler feed water yang kembali ke deaerator sangat penting jika salah satu motor aliran berada di bawah aliran terendah pompa. Turbin uap sering digunakan untuk menghasilkan pompa air umpan karena kecepatan pompa dan turbin mungkin berbeda seperti kecepatan motor yang dapat disesuaikan. Resirkulasi katup kontrol terprogram yang dikelola melalui program kontrol tersebar operasi dapat melaksanakan tujuan ini. Pompa harus dalam fungsi resirkulasi sesedikit mungkin untuk meningkatkan manfaat energi.

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *