Cara Membedakan Stainless Steel 201 dengan Stainless Steel 304

ilmuteknik.id - Cara Membedakan Stainless Steel 201 dengan Stainless Steel 304

Stainless steel merupakan jenis material besi yang cukup dekat dengan kita. Begitu banyak benda-benda disekitar kita yang menggunakan material stainless steel, misalnya panci, wajan, rak, tempat makanan, bahkan sendok dan garpu.

Perlu kamu tahu bahwa sebenarnya banyak jenis – jenis stainless steel yang beredar di pasaran, oleh karena itu kita perlu jeli dalam memilih jenis stainless steel yang tepat.

Setidaknya ada 2 jenis SS yang paling banyak digunakan, yaitu jenis 201 dan 304.

Perbedaan Stainless steel 201 dan Stainless steel 304

  • Komposisi SS201 yaitu 17Cr–4,5Ni–6Mn-N. Penggunaannya untuk bahan rel kereta api. Kelemahannya yaitu lebih mudah berkarat, sifat anti korosi dan kekuatan relatifnya rendah karena kandungan Mm (mangan) nya yang tinggi. Dari segi harga lebih murah daripasa SS304
  • Komposisi SS304 yaitu 18Cr-8Ni. Dengan kandungan cromium dan nikel yang tinggi membuat stainless steel tipe ini memiliki sifat anti korosi dan kekuatan yang lebih baik daripada SS201. Penggunaannya untuk perlengkapan yang berhubungan bahan kimia, nuklir dan makanan.

Secara kasat mata kamu tidak akan bisa membedakan mana stainless steel 201, dan mana stainless steel 304.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui jenis stainless stell tersebut? Baca pada artikel berikut Cara Membedakan Tipe Stainless Steel.

Cara Mudah Membedakan Stainless Steel 201 dengan Stainless Steel 304.

Caranya sangat mudah kita cukup menyediakan air dan garam. Langkah pertama yaitu campur air dengan garam, semakin banyak garam maka semakin efektif.

Aduk air dan garam tersebut hingga benar-benar tercampur merata, kemudian rebus campuran tersebut beserta sample Stainless steel selama kurang lebih 30 menit, lalu diamkan semalaman.

Jika pada keesokan harinya stainless steel berkarat, maka stainless steel tersebut adalah SS 201.

Baca juga Logam-Logam Besi Yang Sering Digunakan Dalam Teknik Mesin

Nah, jika kamu menemukan peralatan yang berbahan stainlees steel namun dijual dengan harga murah, kemungkinan besar stainless steel yang digunakan yaitu jenis 201. Karena jenis stainless steel 301 harganya 2 kali lipat lebih mahal dari harga stainless steel 201. Peralatan yang terbuat dari stainless steel 304, biasanya mencantumkan label yang bertuliskan “SUS304”.

Semoga artikel tentang Cara Mudah Membedakan Stainless Steel 201 dengan Stainless Steel 304 ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Membersihkan Stainless Steel dari Kotoran Membandel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.