Cara Membersihkan Stainless Steel dari Kotoran Membandel

ILMUTEKNIK.ID – Stainless steel banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga, khususnya perabotan memasak dan alat-alat dapur. Pada wastafle atau bak cuci berbahan stainless steel sering kali dijumpai kotoran membandel pada permukaannya. Tak jarang kita berfikir bagaimana cara membersihkan stainless steel dari kotoran membandel tersebut.

Kali ini ilmuteknik.id akan memberikan tips cara membersihkan kotoran membandel pada stainless steel, yuk simak caranya.

Baca juga Jenis – Jenis Stainless Steel dan Contoh Penggunaannya

Menggosok permukaan dengan sikat kawat

Cara paling mudah dan sering digunakan yaitu dengan menggunakan sikat kawat atau penggosok kawat. Cukup gosokkan penggosok kawat pada permukaan yang kotor hingga bersih, lalu bilas menggunakan air. Namun cara ini memiliki kelemahan, dimana dapat merusak permukaan stainless tersebut.

Menggunakan Bahan Kimia

Cairan pembersih stainless steel sudah banyak dijual di pasaran, salah satunya yaitu NIKKO Sp-GEL. Kandungan organic acid (7%), fluoric acid (4%), nitric acid (13,5%), dan alkaline earth metal comp (26%) sungguh sangat efektif dalam mengangkat noda membandel pada stainless steel.

NIKKO Sp-GEL adalah pengembangan terbaru dari gel pembersih stainless stell yang bermutu tinggi dengan kandungan bahan berbaya terendah. Cara Membersihkan Stainless Steel menggunakan NIKKO Sp-GEL yaitu:

Baca juga Cara Membedakan Tipe Stainless Steel

  1. Aduk dahulu sebelum digunakan.
  2. Bersihkan permukaan stainless steel hingga bersih, jika perlu sikat menggunakan air sabun.
  3. Oleskan NIKKO Sp-GEL pada permukaan stainless steel. Agar hasilnya merata gunakan bantuan kuas halus. 1 Kg NIKKO Sp-GEL dapat digunakan untuk permukaan seluas 5-6 meter persegi.
  4. Setelah dioleskan tunggu selama 10 menit. Jika temperatur udara dan kondisi kerja memungkinkan maka waktu tunggu dapat diperpendek atau diperpanjang.

PERHATIAN !!!

Seperti yang telah dijelaskan diatas NIKKO Sp-GEL adalah pengembangan terbaru dari gel pembersih stainless stell yang bermutu tinggi dengan kandungan bahan berbaya terendah. Meskipun kandungan bahan berbahayanya rendah namun tetap saja kita perlu waspada. Oleh karena itu perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menggunakan NIKKO Sp-GEL untuk membersihkan stainless steel.

  1. Pakailah alat pelindung kulit seperti sarung tangan karet, apron karet, sepatu karet, baju lengan panjang dll.
  2. Gunakan masker untuk mencegah asap/bau masuk ke tubuh.
  3. Gunakan kacamata untuk melindungi mata dari cipratan NIKKO Sp-GEL.
  4. Ruang kerja harus mempunyai ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Bila bekerja di ruang tertutup selalu gunakan masker yang berventilasi.
  5. Jika tidak sedang digunakan tutuplah botol dengan rapat. Simpan botol ditempat yang sejuk, dan hindari sinar matahari langsung, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Baca juga Cara Membedakan Stainless Steel 201 dengan Stainless Steel 304

Semoga artikel tentang Cara Membersihkan Stainless Steel dari Kotoran Membandel ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

2 komentar pada “Cara Membersihkan Stainless Steel dari Kotoran Membandel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.