Pengertian Drainase dan Jenis-Jenis Drainase

Pengertian Drainase

Drainase berasal dari kata drainage, yang secara harfiah pengertian drainase adalah mengeringkan atau mengalirkan. Manusia sudah mulai memikirkan tentang sistem pembuangan limpasan air hujan sejak jaman Romawi kuno. Bangunan drainase perkotaan pertama kali dibuat di Romawi berupa saluran bawah tanah yang cukup besar, yang digunakan untuk menampung dan membuang limpasan air hujan. Pada awalnya, sistem drainase dibangun hanya untuk menerima limpasan air hujan dan membuangnya ke badan air terdekat. Desain dan pembangunannya belum dilakukan dengan baik. Saluran bawah tanah yang terbuat dari batu dan bata mengalami rembesan yang cukup besar, sehingga kapasitasnya jauh berkurang. Pada beberapa kasus, saluran tidak mempunyai kemiringan yang cukup, sehingga air tidak lancar (stagnant) dan terjadi genangan dalam saluran setelah terjadi hujan. Dalam perkembangannya drainase adalah suatu sistem dimana sistem itu dibuat dalam rangka untuk menangani persoalan kelebihan air baik yang berada di permukaan tanah maupun yang berada di bawah permukaan tanah.

Baca juga Perencanaan Drainase Perkotaan Sesuai dengan Fungsinya

Desain drainase perkotaan mempunyai kaitan langsung dengan tata guna lahan, tata ruang kota, master plan dan kondisi sosial budaya masyarakat. Pengertian drainase perkotaan bukan hanya terbatas pada teknik penanganan kelebihan air, tetapi lebih luas lagi karena menyangkut berbagai aspek kehidupan di kawasan perkotaan.

Sistem drainase perkotaan harus didesain sedemikian rupa agar sejalan dengan perkembangan masyarakat. Desain ini harus mempertimbangkan peningkatan jumlah penduduk dimasa yang akan datang, pertumbuhan industri, semakin bertambahnya kawasan-kawasan permukiman dan level curah hujan yang terjadi. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan dengan perhitungan yang mempertimbangkan berbagai hal maka sistem drainase yang ada akan bisa mengatasi kelebihan air yang ada.

Jenis-Jenis Drainase

Jenis drainase yang ada sangat beragam, sehingga untuk memudahkan dalam pemahaman jenis-jenis drainase dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu :

A. Jenis drainase ditinjau dari cara terbentuknya.

  • Drainase buatan, adalah suatu sistem drainase yang dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu serta merupakan hasil rekayasa yang berdasarkan hitungan- hitungan tertentu pula. Sistem drainase ini ada karena merupakan salah satu rekayasa dalam penyempurnaan atau mengisi kekurangan sistem drainase alamiah yang telah ada
  • Drainase alamiah, yaitu saluran drainase yang terbentuk sebagai akibat adanya gerusan air yang mengikuti pola kontur tanah. Drainase ini biasanya terbentuk pada daerah yang cukup kemiringannya. Sehingga secara alamiah air akan mengalir dengan sendirinya dan masuk ke sungai-sungai yang ada dibawahnya. Pada kondisi tanah tertentu sebagian air akan meresap kedalam tanah (infiltasi) dan dalam proses selanjutnya air akan mengalir sehingga menjadi aliran antara (sub surface flow) menuju ke sungai. Atau bisa juga air tersebut akan masuk terus ke dalam tanah (perkolasi) hingga bercampur dengan air tanah dan mengalir sebagai aliran air tanah (ground water flow) menuju ke sungai-sungai.

Baca juga Cara Membersihkan Stainless Steel dari Kotoran Membandel

B. Jenis drainase berdasarkan sistem pengalirannya.

  • Drainase dengan sistem jaringan, adalah suatu sistem pengeringan atau pengaliran air pada suatu kawasan tertentu yang dilakukan dengan jalan mengalirkan air melalui suatu sistem tata saluran dengan berbagai bangunan- bangunan pelengkapnya.
  • Drainase dengan sistem resapan, adalah suatu sistem pengeringan atau pengaliran air yang dilakukan dengan cara meresapkan air ke dalam tanah. Cara peresapan ini dapat dilakukan secara langsung terhadap genangan air di permukaan tanah ke dalam tanah atau melalui sumur resapan/saluran resapan. Sistem ini biasanya dipergunakan dalam usaha konservasi air.

C. Jenis drainase ditinjau berdasarkan dari tujuan pembuatan drainase.

  • Drainase perkotaan yang dimaksud dengan drainase perkotaan adalah jaringan pembuangan air yang berfungsi mengeringkan bagian-bagian wilayah administrasi kota dan daerah urban dari genangan air, baik dari hujan lokal maupun luapan sungai yang melintas di dalam kota.Sedangkan pengertian lain dari drainase perkotaan adalah suatu sistem pengeringan atau pengaliran dari wilayah perkotaan ke sungai yang ada atau melintasi wilayah perkotaan sehingga wilayah perkotaan itu sendiri tidak tergenangi air. (Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 239 Tahun 1987)
  • Drainase daerah pertanian
  • Drainase lapangan terbang
  • Drainase jalan raya
  • Drainase jalan kereta api
  • Drainase pada tanggul dan dam
  • Drainase lapangan olah raga
  • Drainase untuk keindahan kota
  • Drainase untuk kesehatan lingkungan,
  • Drainase untuk penambahan areal

D. Jenis drainase berdasarkan tata letaknya.

  • Drainase permukaan tanah, yaitu sistem drainase yang salurannya berada di atas permukaan tanah dimana pengaliran terjadi karena adanya beda tinggi permukaan saluran (slope).
  • Drainase bawah permukaan, yaitu sistem drainase yang dialirkan di bawah tanah (ditanam) biasanya disebabkan karena faktor artistik atau faktor kondisi lingkungan dimana dalam areal drainase tersebut tidak memungkinkan untuk mengalirkan air diatas permukaan tanah seperti pada lapangan olah raga, lapangan terbang, taman kota dan lain sebagainya.

Baca juga Sistem Instalasi Air Kotor pada Bangunan

E. Jenis drainase berdasarkan fungsinya.

  • Drainase single purpose, adalah saluran drainase yang berfungsi mengalirkan satu jenis air buangan misalnya air hujan atau limbah.
  • Drainase multi purpose, adalah saluran drainase yang berfungsi mengalirkan lebih sari satu air buangan baik secara bercampur maupun bergantian. Misalnya campuran air hujan dan air limbah.

F. Jenis drainase berdasarkan konstruksinya.

  • Drainase terbuka, adalah sistem saluran yang permukaan airnya terpengaruh dengan udara luar. 
  • Drainase tertutup, adalah sistem saluran yang permukaan airnya tidak terpengaruh dengan udara luar. Saluran ini biasanya digunakan untuk mengalirkan air limbah atau air kotor yang mengganggu kesehatan lingkungan dan mengganggu keindahan.

Semoga artikel tentang Pengertian Drainase dan Jenis-Jenis Drainase ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Pengertian Drainase dan Jenis-Jenis Drainase

  • April 14, 2022 pada 5:34 am
    Permalink

    Terima kasih banyak bro/sis, ilmu teknik ini sangat bermanfaat, mmg saya suka berbagai bidang ilmu. Selamat dan sukses kepada si penulis artikel ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.