Cara Menggunakan Mesin Bor Tangan dan Bor Duduk

Mesin bor pada dasarnya digunakan sebagai sarana pemutar mata bor, alat gosok, alat pencampur dan lain-lain. Dengan menggunakan mesin bor sangat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien waktu maupun keakuratan yang dihasilkan. Mata bor yang digunakan menyesuaikan jenis material yang akan dibor. Mesin bor umum digunakan pada pekerjaan kerajinan kayu dan pertukangan, alat ini berguna untuk membuat lubang, alur, dan penghalus. Jenis mesin bor diantara lain mesin bor duduk, dan mesin bor portable atau bor tangan. Perbedaan diantara keduanya yaitu:

Mesin Bor Tangan

Alat ini berbentuk seperti pistol dan dioperasikan menggunakan tangan. Umumnya alat jenis ini digunakan untuk melubangi kayu, plat logam dan tembok. Namun tidak hanya itu, bor tangan juga berfungsi untuk mengencangkan atau melepas baut karena dapat berputar ke kiri maupun ke kanan. Terdapat berbagai macam ukuran, spesifikasi, fungsi dan kapasitas pada mesin bor tangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaanya. Bor tangan memiliki sub jenis yang ditentukan oleh ukuran mata bornya mulai
dari 6.5 mm, 10 mm, 13 mm, 16 mm, 23 mm, dan 32 mm, di mana angka tersebut adalah ukuran maksimal dari bor itu sendiri. Mesin ini dapat diatur kecepatan putarannya juga dapat diatur arah putarannya baik ke kanan maupun kiri. Jika bor duduk mengarahkan objek ke mata bor, sebaliknya bor tangan mengarahkan mata bor pada objek yang akan dilubangi. Mesin bor tangan dapat menggunakan listrik (eletrik drill), menggunakan baterai ( cordless drill), dan menggunakan angin (pneumatic drill) sebagai sumber tenaganya.

ilmuteknik.id - Cara menggunakan bor tangan
Penggunaan Bor Tangan

Cara menggunakan mesin bor potable antara lain:

  1. Siapkan objek yang akan dibor, siapkan juga mata bor yang akan dipakai. Kemudian pasang mata bor pada lubang mesin bor tangan.
  2. Jika menggunakan listrik pastikan daya listrik memadai dan kabel berada posisi yang tidak mengganggu pekerjaan.
  3. Beri tanda pada objek letak posisi bagian yang akan dilobangi, dapat menggunakan spidol atau pensil.
  4. Pegang bor tegak lurus pada objek, pegang bor dengan kuat dan arahkan pada objek yang akan dibor dengan atau tanpa mendorong bor. Gunakan kecepatan yang sesuai.
  5. Bor secara perlahan dan beri jeda waktu jika dirasa mata bor panas, lakukan langkah ini sampai objek sesuai yang diinginkan. Setelah selesai cabut kabel dan bersihkan objek dari debu/sisa-sisa pengeboran.

Mesin Bor Duduk

Arah mesin bor duduk megarah vertikal dengan bagian berbentuk persegi sebagai tumpuan benda yang akan dibor. Prinsip kerja mesin bor duduk ini adalah putaran motor listrik yang diteruskan ke poros mesin hingga poros dapat berputar. Mesin ini menggunakan daya motor listrik dan kemudian ditransmisikan dengan memakai hubungan puli dan sabuk, kemudian daya akan diteruskan ke dalam mata mesin bor duduk ini. Kemudian poros berputar yang sekaligus juga sebagai pemegang mata bor duduk ini mampu digerakkan naik turun bersama bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang akan mengatur tekanan ketika pengeboran. Mesin bor duduk ini mengikis memutar untuk menghasilkan lubang pada benda kerja. Untuk melubangi objek kerja pada mesin bor duduk adalah dengan mengarahkan objek pada mata bor yang
berputar pada posisinya yang diam sehingga pada bor duduk resiko seperti kecacatan pada objek lebih kecil dibanding menggunakan bor portable.

Baca juga Cara Menggunakan Multimeter / Multitester dengan Benar

Cara Menggunakan mesin bor duduk sebagai berikut:

ilmuteknik.id - Mesin Bor Duduk
Mesin Bor Duduk
  1. Siapkan Objek yang akan dibor, siapkan juga bor duduk yang sudah tertancap pada suatu meja, pastikan meja yang dipakai sebagai alas bor duduk memiliki ketahanan yang kuat untuk meredam getaran yang dihasilkan bor duduk.
  2. Siapkan dan pasang mata bor yang sesuai dengan besar lubang yang akan dibuat pada objek.
  3. Atur ketinggian alas pada dudukan objek dengan memutar pengaturnya yang terletak pada belakang bor duduk.
  4. Jika semua mata bor dan ketinggian sudah diset dengan benar dan sudah dilock , hubungkan kabel pada arus listrik. Tekan tombol On pada alat dan biarkan mata bor berputar stabil.
  5. Beri tanda pada objek letak posisi bagian yang akan dilobangi, dapat menggunakan spidol atau pensil. Letakan objek pada dudukan alas bor duduk.
  6. Putar tuas kearah bawah agar mata bor yang berputar dapat turun kebawah. Tahan objek dengan menggunakan tangan kiri, dan tangan kanan berfungsi untuk menurunkan tuas secara perlahan.
  7. Jika sudah selesai mengebor, tekan tombol off dan cabut kabel dari arus listrik, kemudian ambil objek dari alas dudukanya dan bersihkan.

Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *