Cara Kerja Mesin Mixer untuk Adonan Roti

Ada banyak mesin yang digunakan dalam proses pembuatan roti, salah satu mesin penting dalam usaha roti yaitu mesin mixer adonan roti. Dalam industri bakery, baik skala mikro sampai makro mesin mixer wajib dimiliki demi menunjang efektifitas produksi roti atau kue tersebut.

Baca juga Macam-macam komponen dasar dalam mesin

Mesin mixer roti merupakan mesin pencampur dan pengaduk yang digunakan untuk mengaduk berbagai bahan pembuat roti sehingga adonan tercampur dengan baik.

Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan saat hendak membeli mixer adonan roti yaitu:

  1. Pastikan putaran mesin stabil sehingga adonan dapat tercampur dengan merata.
  2. Pastikan struktur mesin kokoh dan kuat saat menerima beban adonan ataupun beban putar.
  3. Pastikan mesin mixer terbuat dari bahan-bahan yang tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.
  4. Adanya stabilisator aliran listrik.
  5. Mudah dalam operasional maupun perawatannya.

Ada 2 jenis mesin mixer yaitu spiral mixer dan planetary mixer. Pada mesin spiral mixer pengaduk dan mangkok akan berputar bersamaan, sementara planetary mixer yang berputar hanya beater (pengocok) saja.

Baca juga Cara Menggunakan Mesin Bor Tangan dan Bor Duduk

Cara Kerja Mesin Mixer Adonan

Cara kerja mesin mixer sebenarnya tidak ada bedanya dengan mesin bor duduk, hanya diberi tambahan beater (pengocok) saja. Penggerak utama mesin mixer yaitu motor listrik, daya putar motor listrik nantinya akan diteruskan menuju pengocok. Umumnya motor listrik yang dijual di pasaran memiliki kecepatan putaran yang cukup tinggi. Pemilihan kecepatan putaran ini sangat penting agar diperoleh hasil yang maksimal.

Jika posisi motor listrik sejajar dengan pengocok maka daya putar dapat diteruskan secara langsung, namun jika posisi motor listrik tegak lurus dengan pengocok maka diperlukan tambahan komponen berupa gear / roda gigi. Roda gigi yang digunakan yaitu jenis roda gigi payung atau bevel gear.

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu mixer harus dilengkapi dengan pengatur kecepatan putar, agar dapat disesuaikan penggunaanya.

Berminat untuk membuat mesin mixer adonan roti atau kue ?? silakan hubung kami via INSTAGRAM akan kami bantu buatkan desainnya.

Lihat juga desain-desain mesin lainnya:

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

2 komentar pada “Cara Kerja Mesin Mixer untuk Adonan Roti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *