Contoh Tugas Manajemen Bengkel pada Industri Perhotelan

Manajemen Bengkel pada Industri Perhotelan – Berdasarkan hasil pengamatan anda di perusahaan tempat praktek kerja lapangan (PKL), yang sudah dibuat pada tugas 1 Manajemen Bengkel, dimana masing-masing perusahan sudah menerapkan proses manajemen yaitu : Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing dan Staffing) Pengarahan (Leading) Pengendalian (Controlling). Coba saudara berikan alasan atau tanggapan atas pertanyaan dibawah ini

  1. Berdasarkan narasi yang saudara buat pada tugas 1 yaitu proses manajemen bengkel di perusahan tempat PKL, tetapi saya belum melihat kesimpulan dari tugas tersebut. Coba saudara buat kesimpulan
Secara manajemen: Planning : Membuat jadwal perawatan/perbaikan dan melaksanakannya secara SOP. Pengorganisaisan : Pembagian section-section berdasarkan tempat kerja dan keahlian yang dimiliki. Pengarahan : Setiap pagi diadakan briefing untuk menyampaikan kegiatan shift malam dan kegiatan yang akan dilakukan hari ini. Pengendalian : Monitoring chiller, boiler, dan trafo setiap pukul 09.00, 12.00, 15.00, 18.00, dan 22.00.        
Secara kenyataan dilapangan: Planning : Sering kali jadwal maintenance berubah hari bahkan tidak dijalankan sesuai jadwal dikarenakan adanya pekerjaan mendadak yang bersifat penting dan genting, sehingga harus dikerjakan terlebih dahulu. Contoh : Pekerjaan yang berasal dari permintaan tamu secara langsung. Pengorganisasian : Banyak staff yang ditempatkan berdasarkan skill yang dimilikinya, namun sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Contoh : Staff dengan skill audio visual dilekakkan di section room. Pengarahan : Banyak kegiatan yang disampaika di briefing batal dilaksanakan karena adanya kegiatan lain, sehingga kegiatan tersebut harus ditunda dan disampaikan kembali saat briefing hari selanjutnya. Pengendalian : Proses monitoring dan log sheet sering kali tidak sesuai jadwal bahkan dilewati. Contoh : Monitoring chiller pukul 12.00 namun sering dilakukan pada pukul 13.15 bahkan tidak dimonitoring, sehingga proses monitoring pukul 12.00 dilewati.        

Baca juga Cara Kerja Mesin Mixer untuk Adonan Roti

  • Bagaimana pendapat saudara setelah terlibat proses manajemen bengkel selama anda melaksanakan PKL di perusahan tersebut (Merasa Nyaman Atau Tertekan bekerja)
Komentar: Saya pribadi merasa nyaman dalam melaksanakan manajemen engginering di Hotel karena bersifat flexible namun bertanggung jawab. Sehingga kita tidak harus melaksanakan sesuatu berdasarkan agenda namun memutusakan sesuatu berdasarkan kondisi operasional hotel. Serta dituntut memahami setiap pekerjaan masing-masing section sehingga disaat kebutuhan mendesak kita dapat membantu section lain.
  • Jelaskan kelebihan dan kelemahan yang ada pada sistem Perencanaan (Planning) dan Pengendalian (Controlling) di perushaan tempat PKL saudara
Kelebihan: Perencanaan : Adanya jadwal perencanaan maintenance yang rapi dan lengkap bahkan ada jadwal harian, mingguan, tiap bulan, tiap 3 bulan, 6 bulan dan tahunan. Pengendalian : Proses controlling yang sangat banyak sehingga didapat data-data yang spesifik dan lengkap.
Kelemahan: Perencanaan: Karena seringnya pekerjaan-pekerjaan mendadak yang bersifat penting maka proses maintenance sesuai jadwal harus dikesampingkan terlebih dahulu. Ada baiknya dibentuk 2 tim yaitu tim khusus maintenance dan tim terima complaint. Pengendalian : Jeda waktu proses log-sheet/monitoring yang terlalu mepet seringkali memecah konsentrasi saat kita memiliki pekerjaan lain.
  • Setelah menjawab semua pertanyaan diatas saudara sudah paham dan mengerti proses manajemen, seberapakah pentingnya manfaat manajemen di sebuah perusahaan.
Menjalankan manajemen : Adanya management membuat proses kerja menjadi lebih teratur dan terarah, sehingga dapat direkap dan nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya.
Tidak Menjalankan Manajemen: Pekerjaan berantakan, tidak terstruktur, data yang didapat kurang detail sehingga sulit dijadikan bahan evaluasi.

Baca juga Contoh Rangkaian Elektro Pneumatik dan Instalasinya

  • Di lingkungan tempat anda tinggal pasti ada yang namanya usaha, baik itu usaha Jasa atau Produksi. Coba saudara amati dan ceritakan apakah sudah menerapkan proses manajemen atau tidak, (Contohnya bisa usaha orang tua anda/saudara, atau usaha orang lain)
Dengan manajemen : (Usaha Jasa Kosan) Proses registrasi untuk calon penghuni baru harus sesuai seperti menyerahkan identitas diri dll, sehingga jika ada keperluan lebih mudah dalam mencarinya. Pembayaran uang kosan harus menggunakan nota, nota pembayaran asli untuk penghuni kosan dan fotocopy nota disimpan pemilik kosan untuk dimaukkan ke pembukuan. Dengan cara ini pemilik kosan dapat menganalisa berapakah keuntungan bersihnya dan dapat mengambil keputusan untuk kedepannya.  
Tanpa Manajemen: Jika tidak ada registrasi data diri dikhawatirkan penghuni kosan melarikan diri sebelum membayar uang sewa kosan. Begitu pula dengan nota pembayaran, jika tidak ada nota pembayaran atau pembukuan keuangan maka pemilik kosan tidak mengetahui dengan pasti berapa pengeluaran yang sebenarnya. Bisa saja pemilik kosan menganggap uang sewa yang diterimanya sudah banyak tapi tidak memperhitungkan biaya operasional yang ada.

Semoga Contoh Tugas Manajemen Bengkel pada Industri Perhotelan ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Contoh Tugas Manajemen Bengkel pada Industri Perhotelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *