Cara Menghidupkan dan Mematikan Genset Hartech

Cara Menghidupkan dan Mematikan Genset – Genset atau Generator set merupakan perangkat yang dapat menghasilkan daya listrik. Cara kerja dari genset ini sesuai dengan hukum Lorentz dimana, mesin akan memutar rotor pada generator sehingga timbul medan magnet pada kumparan stator generator, medan magnet yang timbul pada stator dan berinteraksi dengan rotor yang berputar akan menghasilkan arus listrik.

Sebelum menghidupkan, pelajari dan ikuti Prosedur Persiapan Sebelum Menghidupkan Genset.

Berikut ini merupakan cara menghidupkan Genset Hartech yang benar :

  1. Untuk menghidupkan mesin, putarlah battery switch ke kanan (posisi ‘ON’). Kemudian setelah muncul 0 rpm pada display modul DSE4520 maka tekan tombol START sehingga mesin start / cranking. Jika mesin belum dapat hidup meskipun sudah di start selama beberapa detik (maksimal 5 detik) kemungkinan mesin mengalami masuk angin dan segera lakukan pekerjaan pembuangan angin palsu.

    Baca juga Tiga Tips Memilih Genset yang Tepat untuk Rumah
  2. Pada waktu mesin baru hidup segera amati panel kontrol genset. Pemeriksaan panel kontrol dilakukan untuk melihat parameter yang diukur berada dalam kondisi normal.
    • Indicator tekanan oli (oil pressure) : diatas 1.3 bar atau 20 psi
    • Indicator temperatur air : antara 700C s/d 850C (no load)
    • Tegangan battery pada DSE4520 : 12V – 13.5V atau 24V-27V
    • Putaran mesin : 1500 rpm
    • Lampu pilot AC : Menyala semua
    • Frekuensi : 50 Hz (electrical governor), 52-53 Hz (mechanical governor)
    • Hourmeter : Bekerja Normal

  3. Setelah parameter yang ditunjukkan panel kontrol pada kondisi normal maka tunggulah beberapa menit (+ 5 menit) untuk pemanasan mesin. Setelah suhunya mencapai sekitar 700C maka MCCB boleh dimasukkan ( ‘ON’ ). Kemudian beban dapat dimasukkan secara bertahap. Perhatian! Jangan memberikan beban yang melebihi kapasitas dari genset (overload).

  4. Amati perubahan-perubahan yang terjadi pada genset baik yang ditunjukkan oleh parameter panel kontrol maupun keadaan visual genset seperti suara mesin, warna asap, warna exhaust manifold, kebocoran air, kebocoran oli atau solar dan lain-lainnya. Jika ditemukan ada masalah maka segera perbaiki dan untuk memudahkan dalam penyelesaiannya dapat dilihat pada bab trouble shooting.

Cara Mematikan Genset Hartech

  1. Kurangi beban secara bertahap satu demi satu dan setelah beban kosong turunkan MCCB genset.
  2. Tunggu beberapa menit (+5 menit) setelah beban kosong atau temperatur air sudah turun sekitar 700C maka matikan mesin.
  3. Lepaslah kabel accu dengan melepas kabel negatip terlebih dahulu.

Baca juga Komponen-Komponen Penting Panel Kontrol Genset

Semoga artikel tentang Cara Menghidupkan dan Mematikan Genset Hartech ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.