Contoh Analisis Perhitungan RAB pada Bangunan Ruko 1 Lantai

ANALISIS PERHITUNGAN RAB (RENCANA ANGGARAN BIAYA) PADA BANGUNAN RUKO 1 LANTAI BLITAR JAWA TIMUR

Abstrak: Dalam pelaksanaan proyek konstruksi, diperlukan sebuah perhitungan anggaran biaya dari tahap persiapan hingga tahap final pekerjaan konstruksi. Dengan melakukan perhitungan rencana anggaran biaya, kegiatan konstruksi akan lebih terstruktur dan efisien. Rencana anggaran biaya pembangunan Ruko 1 lantai dengan luas 117m2 di Blitar selain memperhatikan AHSP, AHSB juga mempertimbangkan kondisi Indonesia sebagai negara tropis dan berada pada ring of fire.

Kata Kunci: Ruko, rencana biaya, konstruksi bangunan

Baca juga Faktor Teknis dan Non Teknis Penyebab Robohnya Gedung

PENDAHULUAN

Perumahan sebagai cerminan pribadi manusia, baik perorangan maupun satu kesatuan dengan lingkungan alamnya dapat juga mencerminkan taraf hidup, kesejahteraan, kepribadian, dan peradaban manusia yang menghuninya. (Yudhohusodo., 1991). Ruko (rumah toko) merupakan sebuah konstruksi yang pada umumnya terdiri dari 1 hingga 5 lantai, dimana bangunan seperti rumah tinggal pada umunya tetapi  terdapat lantai atau ruangan khusus yang digunakan sebagai tempat usaha. Seiring berkembangnya ekonomi di berbagai daerah di Indonesia permintaan akan ruko mengalami peningkatan, hal ini didasari karena banyak orang ingin membuka usaha di rumah mereka sendiri. Bangunan ruko 1 lantai di Blitar terus berkembang sehingga banyak penyedia jasa konstruksi yang menggarap proyek tersebut. Dalam pembangunan sebuah konstruksi diperlukan sebuah Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang bertujuan untuk memudahkan pembangunan mulai dari perancangan terkait pekerjaan tahap persiapan sampai akhir konstruksi, pemilihan material, dan biaya tenaga kerja. Rencana Anggaran Biaya (RAB) suatu bangunan atau proyek adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tersebut (Handoko, 2019). Perhitungan setiap jenis pekerjaan digunakan berdasarkan volumenya. Dari situ dibuatlah jumlah harga total bahan dan upah untuk setiap jenis pekerjaan yang bersangkutan (Zainal, 2005). Dengan mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tropis dan kepulauan serta kawasan ring of fire,  Blitar merupakan daerah yang termasuk ke dalam 3 aspek tersebut. Menurut (Amri et al., 2018) Blitar merupakan kawasan yang dikelilingi oleh gunung berapi yang masih aktif dan juga sangat berpotensi mengalami gempa bumi.

METODE

Dalam Analisis Perhitungan RAB (rencana anggaran biaya) pada bangunan menggunakan program excel dengan mencari volume pekerjaan yang dihitung dikali dengan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) dan Analisa Harga Satuan Bahan (AHSB) yang harganya diambil dari Pekerjaan Umum (PU). Analisis harga satuan pekerjaan adalah suatu cara perhitungan harga satuan pekerjaan konstruksi yang dijabarkan dalam perkalian kebutuhan bahan bangunan, upah kerja, peralatan dengan harga bahan bangunan, standar pengupahan pekerja dan harga sewa/beli peralatan untuk menyelesaikan per satuan pekerjaan konstruksi (Ibrahim, 1993). Rencana anggaran biaya juga termasuk analisa biaya peralatan pekerjaan konstruksi, yaitu biaya mobilisasi dan demobilisasi alat. Alat berat yang digunakan pada pekerjaan ini adalah excavator dengan perhitungan sewa.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Rencana Anggaran Biaya

Nama Pekerjaan : Pembangunan Ruko 1 Lantai

Luas Tanah : 300 m2

Luas Bangunan : 117 m2

Lokasi : Blitar, Jawa Timur

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=CcCeKxYW4I0

          Gambar a. Tampak Depan Ruko       Gambar b. Perspektif Ruko

Gambar c. Denah Bangunan Ruko 1 Lantai

ilmuteknik.id - Tabel RAB Ruko 1 Lantai

Dalam membuat bangunan tahan gempa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan pondasi batu kali menerus yang dapat memungkinkan pengaliran beban tersebut menjadi merata. Pondasi batu kali menerus diberi sloof yang terbuat dari bahan beton. Selain itu pada bagian ujung atas kolom beton bertulang diharuskan untuk diikat dengan balok ring dan bagian atap juga harus diperkuat dengan ikatan antara rangka kuda-kuda serta pada konstruksi dinding harus diangker pada kolom dan kusen. Penggunaan alat berat excavator berfungsi untuk meringankan pekerjaan pengurugan atau pengerukan tanah. Rekapitulasi biaya pada proyek konstruksi bangunan ruko 1 lantai dari tahap awal sampai tahap akhir adalah Rp 194.400.00,00.

Baca juga Pengertian Time Schedule Proyek

SIMPULAN

Bangunan Ruko ini mempertimbangkan lokasi Blitar sebagai daerah yang terletak pada negara beriklim tropis dan kepulauan, dan berada dalam wilayah ring of fire. Selain itu, ruko ini menggunakan alat berat dalam konstruksinya yaitu excavator untuk mempermudah pekerjaan tanah. Penggunaan material dan desain struktur disesuaikan dengan tingkat potensi bencana gempa bumi akibat ring of fire.Berdasarkan hasil perhitungan rencana anggaran biaya pembangunan ruko 1 lantai dengan luas bangunan 117 m2 rekapitulasinya adalah Rp 194.400.00,00.

Semoga Contoh Analisis Perhitungan RAB pada Bangunan Ruko 1 Lantai yang ILMUTEKNIK kali ini berikan bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.