Pengertian Time Schedule Proyek

Pengertian Time schedule proyek atau rencana kerja merupakan suatu bentuk rancangan kerja yang dibutuhkan untuk penyesesaian suatu pekerjaan. Dalam time schedule mengandung batasan alokasi waktu penyelesaian masing-masing item pekerjaan secara runtut yang ditetapkan sebagai acuan dalam penyelesaian suatu proyek pekerjaan.

  1. Gambar kerja atau disebut shop drawing merupakan gambar yang menjadi acuan pelaksanaan konstruksi di lapangan. Dengan gambar kerja yang detail dan akurat kontraktor akan mudah merealisasikan bangunan.
  2. RKS (Rencana kerja dan syarat-syarat) adalah dokumen yang bersikan nama proyek dan penjelasaannya berupa jenis, besar dan lokasi royek, serta tata cara pelaksanaan, syarat-syarat pekerjaan, syarat mutu pekerjaan dan keterangan-keterangan lain yang hanya dapat djelaskan dalam bentuk tulisan.
  3. BOQ (Bill Of Quantity) merupakan perhitungan untuk menentukan anggaran biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan perhitungan nilai pekerjaan dan kuantitas pekerjaannya.
  4. Data Produktivitas merupakan sebuah dokumen yang berisi data produktivitas pekerja proyek, dimana di dalam dokumen tersebut tertera koefisien dengan harga pekerja pada periode waktu tertentu, beserta keahlian pekerja. 
  5. Kontrak merupakan kesepakatan atau perjanjian yang mengikat dua pihak atau lebih dalam melaksanakan hubungan kerja. Jenis kontrak yang dipilih harus direncanakan terlebih dahulu agar tepat sesuai jenis pekerjaan. Dalam pembuatan time schedule kontrak berhubungan terkait cara pembayaran, dan fleksibilitas pekerjaan. 
  6. Metode kerja merupakan metode atau cara yang dipakai untuk melaksanakan masing-masing item pekerjaan. Pemilihan jenis metode kerja harus direncanakan dengan matang karena hal tersebut dapat mempengaruhi ketepatan maupun kecepatan pelaksanaan pekerjaan.

Baca juga CONTOH KASUS PERUBAHANAN KONTRAK KONSTRUKSI (Contract Change Order)

Baca juga Apa Penyebab Perubahan Pekerjaan Proyek

Kurva S Proyek Pembangunan Rumah Tinggal

Semoga artikel tentang Pengertian Time Schedule Proyek ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Pengertian Time Schedule Proyek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.