ILMU REFRIGERASI : ISTILAH-ISTILAH DALAM TEKNIK TATA UDARA ( REFRIGERASI )

ISTILAH-ISTILAH DALAM TEKNIK TATA UDARA ( REFRIGERASI )

1. Tekanan

Tekanan ialah gaya yang bekerja secara vertikal pada bidang uas 1 cm2, oleh benda padat, cair, atau gas. Pada umumnya satuannya kg/cm2. 

2. Temperatur/Suhu

Temperatur/suhu adalah derajat panas atau tingkat kedinginan. Ukuran suhu dinyatakan dengan angka dan angka ini disebut derajat seperti  ͒C (derajat Celsius), ͒F(derajat Fahrenheit). 

3. Kalor (Panas)

Kalor adalah energi yang diterima oleh benda, sehingga suhu benda atau wujudnya berubah. Jika kalor dilepaskan, suhu benda akan turun. Kalor adalah suatu bentuk energi yang dapat dipindahkan, tetapi tidak dapat dihilangkan. Kalor dapat diukur meskipun kita tidak melihatnya. Satuan dari kalor joule (J), kalori, BTU. 

4. Kalor Jenis

Kalor jenis suatu zat ialah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kilo zat itu sebesar 1 ͒K atau satu derajat Kelvin. Bilangan kalor jenis dinyatakan dengan satuan K Cal/Kg  ͒C. 

5. Panas Bebas

Umumnya apabila memanaskan atau mendinginkan suatu benda, suhu dari benda tersebut mengalami perubahan. Panas yang memengaruhi langsung pada suatu benda demikian disebut panas bebas. 

6. Kalor Laten

Panas yang diperlukan untuk mengubah wujud zat dari padat menjadi cair, dan cair menjadi gas atau sebaliknya tanpa mengubah suhunya disebut kalor laten (panas laten). Satuan kalor laten: joule, kalori, BTU. 

7. Kalor Sensibel

Kalor sensibel adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan suhu suatu benda. Satuan dalam kalor sensibel: joule, kalori, atau BTU. 

8. Massa Jenis

Massa sebuah benda banyaknya zat atau materi yang dikandung suatu benda satuan Kg. Massa jenis suatu zat ialah massa zat itu dibagi volumenya pada 0  ͒C. Satuannya massa jenis adalah Kg/m3, Kg/l. 

9. Bahan Pendingin (Refrigerant)

Refrigerant adalah suatu zat yang mudah menguap dan befungsi sebagai penghantar panas dalam sirkulasi pada saluran instalasi mesin pendingin. Bahan pendingin (refrigerant) adalah suatu zat yang mudah berubah wujud dari gas menjadi cair atau sebaliknya. Dapat mengambil panas dari evaporator dan membuangnya di kondensor. Untuk instalasi kulkas dan AC dipakai freon R-12 atau R-22 sebagai refrigerant. 

10. Efek Pendinginan

Efek pendinginan adalah kemampuan membawa kalor dari bahan pendingin atau jumlah kalor yang dapat diserap Oleh 1 pound bahan pendingin waktu mulai evaporator. Satuannya dalam K Cal/Kg. 

11. Kapasitas Pendinginan

Untuk menyatakan efek pendinginan, banyaknya kalori panas yang diserap dalam satuan waktu dinyatakan dengan K Cal/Jam. 

12. Frost

Bila kita mendinginkan udara terus-menerus, volume uap air dalam udara menjadi kecil dan sebagian uap air yang menyentuh pada Permukaan suatu benda yang rendah suhunya akan berbentuk embun es yang halus. Peristiwa demikian disebut frost. 

13. Dingin

Dingin adalah suhu yang rendah atau tidak ada panas, Dingin merupakan akibat dari pengambilan kalor. Kulkas menghasilkan dingin dengan mengambil kalori dari bagian dalamnya. Kulkas tidak dapat menghilangkan kalor, tetapi dapat memindahkan melalui bahan pendingin. 

14. Tekanan Maksimum, Temperatur Maksimum

Benda gas seperti freon bila diberi tekanan dalam silinder tertutup di bawah suhu udara bebas menjadi uap air jenuh dan akhirnya berubah menjadi cairan melalui fase pengembunan. Akan tetapi, bila suhu naik sampai suatu derajat, gas tersebut tidak mengembun lagi sekalipun diberi tekanan. Benda gas mempunyai batas kemampuan di mana sudah tidak berdaya untuk mengubah fase gas ke fase cair. Temperatur yang terdapat pada batas tersebut disebut temperatur maksimum dan tekanan pada gas yang terjadi pada batas tersebut dikatakan tekanan maksimum.

One thought on “ILMU REFRIGERASI : ISTILAH-ISTILAH DALAM TEKNIK TATA UDARA ( REFRIGERASI )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *