ILMU TEKNIK : Fungsi Siku-Siku dalam Dunia Teknik dan Cara Penggunaannya yang Benar

Siku-siku merupakan alat bantu yang sangat penting dalam pekerjaan melukis dan menandai. Siku-siku merupakan peralatan yang dapat berfungsi sebagai :
  1. Peralatan untuk memeriksa kelurusan suatu benda
  2. Peralatan untuk mengukur kesikuan benda kerja. 
  3. Peralatan bantu untuk memeriksa kesejajaran garis.
  4. Peralatan bantu dalam membuat garis pada benda kerja.

Siku-siku terdiri dari satu blok baja dan satu bilah baja, di mana keduanya digabungkan sehingga membentuk sudut 90 derajat antara satu dengan lainnya. Bahan pembuat siku-suku adalah baja perkakas, sehingga ia cukup kuat dan tahan terhadap keausan dan karat. Peralatan ini belum dapat dikatakan mempunyai kepresisian yang tinggi, tetapi sebagai alat bantu dalam melukis dan menandai alat ini adalah mempunyai peranan yang cukup besar.

Telah dijelaskan di muka bahwa siku-siku baja ini di samping untuk melukis juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kesikuan dan kerataan permukaan benda kerja. Dalam pelaksanaan pemeriksaan atau pengukuran kesikuan benda kerja, maka benda kerja yang akan diukur kesikuanya harus benar-benar bebas dari beram dan kotoran lainnya. 

Agar pengukurannya ber-hasil dengan baik, maka ikutilah petunjuk yang diberikan di bawah ini. 
  • Bersihkan benda kerja dari beram dan kotoran lainnya. 

  • Bersihkan bilah baja dan blok bajanya dengan menggunakan kain yang bersih dan kering. 

  • Pengukuran harus menghadap pada daerah yang terang, sehingga akan dapat diketahui apakah benda kerja benar-benar lurus dan rata. 

  • Pegang benda kerja dengan tangan kiri dan sikusiku dengan tangan kanan. Geserkan permukaan bagian dalam dari blok baja pada benda kerja, mulailah pada bagian sebelah atas benda kerja. Dengan secara perlahan-lahan geserkan blok siku kearah bawah, sehingga bilah siku menyentuh bagian permukaan atas benda kerja. 

  • Jika sudut yang kita ukur tidak siku-siku 90 derajat, maka akan terlihat adanya cahaya diantara bilah siku dan blok siku seperti gambar di bawah.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *