Drum uap adalah ruang tekanan ketel uap yang terletak di ujung atas sistem sirkulasi ketel uap. Ini adalah reservoir air / uap air di ujung atas tabung air. Drum uap menyimpan uap yang dihasilkan dalam tabung air dan bertindak sebagai pemisah fase untuk campuran uap / air. Uap dipisahkan dari air dan kemudian dibuang pada posisi di atas permukaan air yang dipertahankan di sana.

Dalam sirkulasi alami boiler uap, drum uap menempati posisi penting karena ini merupakan komponen terberat, tata letak dan pemasangan ketel uap berputar di sekitarnya, Butuh waktu maksimum untuk pembuatan dan membutuhkan mesin paling mahal, memindahkannya menuntut tingkat logistik yang tinggi, perlu crane atau mengangkat terberat mengatasi selama fabrikasi dan ereksi. Namun secara termodinamik, drum steam hanyalah tangki lonjakan dalam sirkulasi sistem yang menghubungkan bagian-bagian berikut : Outlet Economizer dan pipa saluran masuk Superheater di satu sisi, downcomers dan riser di sisi lain.

Di bawah kondisi operasi yang stabil ketika aliran seimbang, drum uap menghasilkan tingkat air yang stabil. Ketinggian air drum adalah salah satu parameter terpenting, dari sistem kontrol ketel uap. Fungsi penting lain dari steam drum adalah untuk menampung internal drum, yang melakukan fungsi-fungsi berikut: air jenuh dari sirkuit evaporator, yang mengandung jumlah steam yang bervariasi, dipisahkan oleh separator steam. Uap bebas air untuk melewati downcomers diperlukan pemisah dan pemurni uap, dosis kimia untuk menjaga kimia air yang bersirkulasi, blowdown terus-menerus dari air drum untuk menjaga sisa-sisa di bawah batas yang ditentukan.