Jurusan Teknik Elektro Memiliki Prospek Kerja yang Luas

Jurusan teknik elektro mungkin adalah salah satu jurusan yang cukup familiar di Indonesia. Listrik adalah energi yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat. Perkembangan teknologi yang semakin cepat ikut menyebabkan Teknik Elektro bertambah maju.

Teknik Elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang dikenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sumber pembangkit tenaga, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya.

Jurusan teknik elektro dapat dipecah menjadi beberapa konsentrasi seperti teknik komputer dan telekomunikasi, teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, dan teknik mekatronika.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain yaitu : Matematika, Fisika, Kimia Dasar, pengantar desain, rangkaian elektronik, sistem digital, matematika teknik, elektronika, Medan elektromagnetik, pengolahan sinyal digital, mikroprosesor, termodinamika, pembangkit tenaga listrik, teknik tegangan tinggi, dan pemeliharaan peralatan listrik.

Baca juga Pengenalan Sebelum Memilih Jurusan Teknik Mesin

Dalam bahasa inggris jurusan teknik elektro dikenal sebagai “Electrician engineering”. Jurusan ini menjadi basis dari industri manufaktur modern sehingga peluang kerja lulusan jurusan ini juga sangat menjanjikan.

Lulusan jurusan Teknik Elektro dapat bekerja sebagai ahli teknik mekatronika, ahli robot, ahli teknik energi, teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi. Kamu pun dapat bekerja di perusahaan BUMN maupun swasta yang ada di Indonesia ataupun di luar negeri.

Atau kamu juga bisa mencoba melamar di perkapalan, Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kapal. Ilmu yang dipelajari meliputi pengetahuan tentang perancangan dan pembangunan kapal, mulai dari bentuk, struktur, proses produksi, perbaikan, pengoperasian kapal, serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian kapal.

Jurusan Teknik Elektro sebenarnya sudah dapat dengan mudah kamu temui di universitas-universitas Indonesia. Beberapa universitas tenama yang menyediakan jurusan ini antara lain, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Trisakti.

Semoga informasi yang ILMUTEKNIK berikan dapat bermanfaat. Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *