Pengertian Isolasi Termal dan Jenis-Jenis Isolasi Termal

ilmuteknik.id - pengertian isolasi termal dan jenis jenis isolasi termal

Pengertian Isolasi Termal dan Jenis-Jenis Isolasi Termal – Isolasi termal pada bangunan berfungsi untuk membatasi aliran panas melalui bangunan. Tujuannya meningkatkan pendinginan atau pemanasan gedung sekaligus menghemat biaya pemanasan/pendinginan. Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk isolasi termal. Berikut ini akan ilmuteknik bahas secara lengap.

Apa itu Isolasi Termal Bangunan?

Pengertian Isolasi termal adalah pencegah atau pembatas aliran panas melalui bangunan. Misalnya di Eropa atau negara 4 musim, dimana banyak daerah menghadapi cuaca dingin yang parah, sehingga harus menjaga rumah mereka tetap hangat. Biasanya, mereka menyalakan api di dalam rumah, menggunakan pemanas, menjaga suhu rumah dengan uap, dll.

Selain itu, untuk membuat sistem pemanas gedung bekerja secara efisien, pemilik gedung perlu mengisolasi gedung secara termal. Hal ini membuat bangunan tetap hangat dengan sedikit energi yang dikeluarkan, karena isolasi termal meminimalkan panas yang keluar dari gedung.

Perlu dicatat bahwa isolasi termal juga digunakan di daerah panas. Insulasi mereka meminimalkan aliran panas luar di dalam rumah. Jadi, insulasi termal meminimalkan aliran panas baik dari dalam ke luar gedung atau dari luar ke dalam gedung.

Mengapa Panas Keluar Dari Gedung?

Ketika ada perbedaan suhu antara bagian luar dan bagian dalam sebuah bangunan, serta antara unit-unit yang berbeda di dalam sebuah bangunan, panas mengalir dari satu tempat yang hangat ke tempat yang lebih dingin.

Konduksi panas melalui bahan bangunan padat adalah mekanisme utama perpindahan panas. Metode perpindahan panas lainnya adalah konveksi dan radiasi. Dalam konveksi, panas dipindahkan melalui udara, sedangkan radiasi tidak membutuhkan media apa pun untuk merambat.

Baca juga

Apa itu Bahan Isolasi Termal? baca di halaman selanjutnya >>

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.