Pengertian Opname Proyek atau Opname Volume Proyek

Kali ini ILMUTEKNIK akan membahas mengenai apa itu opname proyek atau opname volume. Jadi opname proyek atau opname volume adalah suatu kegiatan pengukuran dan pemeriksaan terhadap capaian kerja atau hasil dari suatu pekerjaan yang bertujuan untuk mengetahui progres dari suatu pekerjaan tersebut.

Tujuan opname volume atau opname lapangan yaitu mengetahui realisasi volume terpasang di lapangan. Nah opname ini juga berfungsi sebagai acuan dalam menghitung progress pekerjaan.

Dalam melakukan opname volume, kita dapat menggunakan berbagai metode. Misalnya untuk menghitung volume galian dan timbunan, kita dapat menggunakan metode yang namanya sistem point cloud dan surface. dimana menggunakan alat canggih seperti laser scanner.

Baca juga Bagian-Bagian Excavator yang Wajib Kamu Ketahui

Metode pengukuran volume dan galian lainnya yaitu dengan metode konvensional seperti menggunakan alat ukur total station, theodolite, waterpass dan meteran biasa.

Siapa yang melakukan opname proyek ?

Jadi siapakah yang sebenarnya memiliki kewajiban atau tugas untuk melakukan opname volume pekerjaan di lapangan ??

Idealnya opname volume dilakukan oleh setiap pihak yang terlibat dalam suatu proyek tersebut. Diantaranya yaitu owner, konsultan pengawas, pelaksana atau kontraktor.

Pada pekerjaan yang tugas dan fungsi pengawasannya berada di konsultan pengawas maka pelaksanaan opname volume ini dapat dilakukan oleh konsultan pengawas dan pelaksana/kontraktor dengan sepengetahuan atau persetujuan owner.

Namun apabila pekerjaan tersebut tugas dan fungsi pengawasan dipegang langsung oleh owner tanpa enggunakan jasa konsultan pengawas maka opname tersebut dapat dilakukan oleh owner dan kontraktor pelaksana.

Jadi opname volume dilakukan oleh setiap pihak yang terlibat dalam proyek tersebut. Dimana opname volume tujuan utamanya adalah mengetahui realisasi atau volume di lapangan sehingga dapat dihitung progres untuk pekerjaan tersebut.

Begitulah sedikit rangkuman tentang Apa itu opname proyek atau apa itu opname volume. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga artikel tentangĀ Pengertian Surveyor dan Tugas Surveyor

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *