Lompat ke konten

Pengertian Total Station dan Cara Penggunaannya

  • SIPIL
ilmuteknik.id - Pengertian Total Station dan Cara Penggunaannya

Pengertian Total station ( TS) adalah instrumen optis/elektronik yang digunakan dalam pemetaan dan konstruksi bangunan. Total station merupakan teodolit terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)) untuk membaca jarak,dan kemiringan dari instrumen ke titik tertentu. Selain untuk mengukur jarak dan kemiringan total station juga bisa digunakan untuk mengukur sudut dan koordinat yang sudah diketahui nilainya.

Baca juga Pengertian Surveyor dan Tugas Surveyor

Setelah tau pengertian total station, maka sekarang berlanjut ke fungsi dari total station tersebut. Fungsi total station pada aplikasinya tidak jauh berbeda dengan theodolite digunakan untuk mengukur permukaan tanah / situasi, Topografi, mengukur gedung dan bangunan, dan memetakan kembali hasil pengukuran tersebut. hanya saja untuk total station sudah terintegrasi dengan pengukur jarak elektronik ( EDM ) dan sudah terotomatitasi dengan media penyimpanan jadi data yang didapat bisa langsung di olah untuk menjadi data yang matang.

Total station banyak digunakan dalam pemetaan kawasan pertambangan. Teknologi ini dapat digunakan di dalam tambang tertutup untuk mengukur kedalaman dan jarak tambang dari permukaan dan mulut tambang, juga kedalaman penggalian pada tambang terbuka.

Total station yang digunakan dalam bidang konstruksi umumnya untuk melakukan pengukuran lokasi pembangunan sebelum dilakukan perataan tanah dan peletakan pondasi, juga mengukur tingkat kemiringan dan kerataan lantai yang dikehendaki serta posisi bangunan tertentu terhadap bangunan lainnya. Selain itu, pemasangan perpipaan dan kabel juga membutuhkan teknologi ini; terutama perpipaan untuk meningkatkan efisiensi pemompaan fluida. Saat ini Total station yang beredar di dunia survey mempunyai ketelitian yang sudah akurat dari berbagai merk dan tipe tinggal menyesuaikan saja untuk pekerjaan yang dibutuhkan.

Cara Menggunakan Total Station

  1. Dirikan statif diatas titik dan pasang TS diatas kepala statif kemudian kunci dengan skrup pengunci.
  2. Center pointkan TS menggunakan lensa center dan naik turunkan kaki statif untuk menengahkan Nivo kotak, kemudian atur skrup pengatur nivo untuk mengatur nivo tabung. 
  3. Cek kembali center point pada lensa center, jika belum tepat center dapat menggeserkan alas TS (tribach).
  4. Setelah center, nyalakan display TS dengan menekan tombol power (warna merah), jika bacaan sudut belum muncul pada display kita dapat memutar teropong 90 derajat hingga berbunyi dan bacaan sudut muncul pada display.
  5. Buat Job dengan cara menekan tombol MENU >> JOB >> ENTER
  6.  Kemudian  CREATE >> Isikan nama pada JOB NAME >> ENTER>> ANG 
  7. Jika diketahui Referensi koordinat kita dapat memasukan koordinat tersebut dengan cara menekan tombol MENU >> COGO >> ENTER  
  8. Setelah itu pilih INPUT >> INPUT X,Y,Z >> Masukan koordinat pada kolom tersedia (koordinat X,Y,Z ; Point ; Code)>>ENTER >> hingga muncul ke display berikutnya >> setelah selesai memasukan koordinat tekan tombol ESC hingga kembali ke display bacaan sudut.
  9. Lalu tekan tombol STN (no.7)>> KNOWN >> Isikan ST ( nomor titik tempat berdiri alat), HI (tinggi alat), CD ( kode titik tempat berdiri alat ) >> ENTER >> COORD >>Isikan BS ( nomor titik tempat berdiri prisma ), HT ( tinggi alat target prisma ), CD ( kode backsight ) >> ENTER.
  10. Kemudian bidik target (prisma) backsight hingga pas ditengah, lalu tekan tombol MSR1 dan ENTER (untuk mengunci koordinat).
  11. Kemudian tekan tombol MSR1 lagi untuk penyimpanan secara manual.
  12. Lalu bidik target (prisma) lagi dengan menggunakan pengukuran luar biasa, kemudian tekan MSR2 untuk penyimpanan secara otomatis.
  13. Kemudian data hasil pembidikan bisa di lihat dengan cara menekan tombol DAT (nomor 6)
  14. Untuk pembacaan frontsight lakukan langkah yang sama seperti langkah 9-13.

Semoga artikel tentang Pengertian Total Station dan Cara Menggunakan Total Station ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications