Taukah Kamu Perbedaan Jalan Beton dengan Jalan Aspal ?

Perbedaan Jalan Beton dengan Jalan Aspal – Jalan aspal sudah sangat familiar buat kamu, hampir setiap hari kamu pasti melewati jalanan beraspal, namun taukah kamu bahwa di Indonesia ini ada bermacam-macam jenis jalan. Salah satu jenis jalan yang banyak dipakai di Indonesia yaitu jalan beton, jenis jalan ini dapat kamu temui di jalan tol.

Pertimbangan utama pemilihan material jalan yaitu kondisi dan beban lalu lintas (traffic) jalan tersebut, umur jalan, serta kondisi tanah disekitar area yang akan dibangun jalan. Misalnya saja jalan dengan traffic tinggi maka direkomendasikan menggunakan perkerasan beton.

Baca juga Tata Cara Pemeliharaan Jalan Raya

Perbedaan jalan beton dengan jalan aspal yang pertama yaitu material yang digunakan. Jalan aspal menggunakan susunan bebatuan yang direkatkan dengan cairan kental berwana hitam/aspal. Aspal sendiri berasal dari sisa pemurnian minyak bumi mentah yang kemudian dimurnikan dengan cara dipanaskan. Jalan Beton terbuat dari campuran semen, pasir, dan koral, serta tambahan bahan aditif lainnya.

Jalan aspal lebih mudah diperbaiki, dapat dilakukan perbaikan setempat (area yang rusak saja), sementara jalan beton biaya perawatannya cenderung mahal dan waktu perbaikannya lama.

Kelebihan jalan beton yaitu mampu menahan beban kendaraan dengan tonase berat, lebih tahan banjir/genangan air, dapat diaplikasikan pada struktur tanah dengan sedikit perbaikan pada struktur tanah asal. Namun jalan beton memiliki nuansa gersang, sehingga monoton dan membuat bosan saat berkendara.

Baca juga Mengenal Jenis – Jenis Marka Jalan di Indonesia

Kelebihan jalan aspal yaitu lebih nyaman dilintasi oleh pengendara, khususnya kendaraan dengan beban ringan. Namun material aspal ini tak sekuat beton, dan tidak tahan banjir atau genangan air sehingga mudah mengalami kerusakan,

Hal pentingnya yaitu jalan beton maupun jalan sama baiknya untuk ketahanan ban kendaraan yang melintas. Setiap pabrik ban pasti telah melakukan pengujian daya tahan produknya di berbagai permukaan jalan.

Semoga artikel tentang Perbedaan Jalan Beton dengan Jalan Aspal ? ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.