Buatlah pencanakan tebal perkerasan lentur jalan bertahap dengan 2 jalur, data lalulintas tahun 2020 seperti dibawah ini, dan umur rencana a)10 th; dan b) 20th. Jika jalan dibuka pada tahun 2024 dengan i selama pelaksanaan 5 % per tahun. CBR tanah dasar 3,4%.
Baca juga Klasifikasi Jalan Raya Menurut Ramainya Lalu-Lintas
Data-data:
Kendaraan ringan 2 ton 3000 kendaraan
Bus 8 ton 900 kendaraan
Truk 2 as 13 ton 150 kendaraan
Truk 3 as 20 ton 50 kendaraan
Truk 5 as 30 ton 30 kendaraan
LHR 2020 4130 kend/hari/2 jalur
Perkembangan lalulintas (i) untuk 10 th = 8%
untuk 20 th = 6%
JAWAB:
1. Faktor Regional (FR)
- % kendaraan berat =900+150+50+303000+900+150+50+30 = 27,4%
Nilai FR berdasarkan tabel diperoleh FR = 1
2. LHR
Perkembangan lalulintas (i) untuk pelaksanaan = 5%
untuk 10 th = 8%
untuk 20 th = 6%
n = (2024-2020) = 4
- LHR pada tahun 2024 (awal umur rencana) dengan rumus=(1+i)n
Kendaraan ringan 2 ton | 3000 x (1+0.05)^4 | 3645,52 kendaraan |
Bus 8 ton | 900 x (1+0.05)^4 | 1093,96 kendaraan |
Truk 2 as 13 ton | 150 x (1+0.05)^4 | 182,33 kendaraan |
Truk 3 as 20 ton | 50 x (1+0.05)^4 | 60,78 kendaraan |
Truk 5 as 30 ton | 30 x (1+0.05)^4 | 36,47 kendaraan |
- LHR pada tahun ke 10
Kendaraan ringan 2 ton | 3645,52 x (1+0.08)^10 | 7870,40 kendaraan |
Bus 8 ton | 1093,96 x (1+0.08)^10 | 2361,78 kendaraan |
Truk 2 as 13 ton | 182,33 x (1+0.08)^10 | 393,64 kendaraan |
Truk 3 as 20 ton | 60,78 x (1+0.08)^10 | 131,22 kendaraan |
Truk 5 as 30 ton | 36,47 x (1+0.08)^10 | 78,74 kendaraan |
- LHR pada tahun ke 20
Kendaraan ringan 2 ton | 3645,52 x (1+0.06)^20 | 11691,68 kendaraan |
Bus 8 ton | 1093,96 x (1+0.06)^20 | 3508,48 kendaraan |
Truk 2 as 13 ton | 182,33 x (1+0.06)^20 | 584,76 kendaraan |
Truk 3 as 20 ton | 60,78 x (1+0.06)^20 | 194,93 kendaraan |
Truk 5 as 30 ton | 36,47 x (1+0.06)^20 | 116,96 kendaraan |
3. Angka ekivalen (E) masing – masing kendaraan
Pada Akhir Umur Rencana 2020
Baca juga Pengertian Pekerasan Jalan Raya dan Contoh Kasusnya
Jenis Kendaraan | Volume (bh kend) | Beban sumbu (ton) | Ekivalen | |||
Depan | Belakang | Depan | Belakang | Total | ||
Kendaraan ringan 2 ton | 3000 | 1 | 1 | 0.0002 | 0.0002 | 0.0004 |
Bus 8 ton | 900 | 3 | 5 | 0.0183 | 0.1410 | 0.1593 |
Truk 2 as 13 ton | 150 | 5 | 8 | 0.1410 | 0.9238 | 1,0648 |
Truk 3 as 20 ton Truk 5 as 30 ton | 5030 | 6 | 2 x 72 x5 | 0.29231,0375 | 0.74522(1410) | 1,03751,3195 |
4 Lintas Ekivalen Permulaan (LEP)
Kendaraan ringan 2 ton = 3645,52 x 0.5 x 0.0004 = 0.73
Bus 8 ton =1093,96 x 0.5 x 0.1593 = 87,13
Truk 2 as 13 ton = 182,33 x 0.5 x 1,0648 = 97,07
Truk 3 as 20 ton = 60,78 x 0.5 x 1,0375 = 31,53
Truk 5 as 30 ton = 36,47 x 0.5 x 1,3195 = 24,06
LEP = 240,52 kendaraan
5. Lintas Ekivalen Akhir (LEA)
- 10 tahun:
LEA = LEP (1 + i)10
LEA = 240,52 (1+0.08)10 = 519,28 kendaraan
- 20 tahun:
LEA = LEP (1 + i)20
LEA = 240,52 (1+0.06)20 = 771,39 kendaraan
6. Lintas Ekivalen Tengah (LET)
LET10 = 0.5 (240,52 + 519,28) = 379,90 kendaraan
lET20 = 0.5 (240,52 + 771,39) = 505,96 kendaraan
7. Lintas Ekivalen Rencana (LER)
LER = LET × FP
FP = UR/10
LER10 = 379,90 × (10/10) = 379,90 kendaraan
lER20 = 505,96 x (20/10) = 1011,92 kendaraan
8. Mencari Korelasi DDT dengan CBR
9. Indeks Permukaan Awal (IP)
Direncanakan lapisan permukaan dari lapisan aspal beton (laston) dengan roughness <1000 mm/km, maka dari tabel diperoleh Ipo = ≥ 4
10. Indeks Permukaan Akhir (IPt)
Berdasarkan tabel diperoleh IPt = 2,0-2,5, diambil IPt = 2,0
11. Menentukan Indeks Tebal Perkerasan (ITP)
- Ipo = ≥ 4
- IPt = 2,0
- LER10 = 379,90
- lER20 = 1011,92
- DDT = 4
- FR = 1
- Untuk 10 tahun
- Untuk 20 tahun
12. Menentukan Tebal Masing-masing Perkerasan
Baca juga CONTOH PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA
- Untuk 10 tahun
ITP = a1.D1 + a2.D2 + a3.D3
8,5 = (0,4 × 7.5 ) + (0,28 × 10) + (0,13 × D3)
D3 = (8,5-3-2,8)/0,13 = 20,77 cm
∑ tebal = 37,79 cm
- Untuk 20 tahun
ITP = a1.D1 + a2.D2 + a3.D3
11 = (0,4 × 7.5 ) + (0,28 × 10) + (0,13 × D3)
D3 = (11-3-2,8)/0,13 = 40 cm
∑ tebal = 57,5 cm
Semoga artikel tentang CONTOH PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN BERTAHAP ini bermanfaat. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.