Lompat ke konten

Mengenal Apa itu Studi Kelayakan Proyek

ilmuteknik.id - Apa itu Studi Kelayakan Proyek

Pengertian Studi Kelayakan Proyek

Studi kelayakan proyek adalah cara untuk menilai proyek yang akan dikerjakan di masa mendatang dengan melakukan kegiatan studi. Studi ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek tertentu dalam memutuskannya. Dalam studi kelayakan yang distudi (diteliti) pada umumnya harus mencakup analisis kebutuhan, analisis teknis, analisis ekonomi, analisis finansial, serta kajian lingkungan dan sosial (PUPR, 2017). Untuk proyek yag nantinya dilakukan kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU), maka cakupan studi kelayakan meliputi analisis risiko, kajian struktur KPBU, dukungan pemerintah, dan rencana pelaksanaan.

Baca Cara Menghitung Kebutuhan Lift dalam Suatu Area

Dapat disimpulkan bahwa pengertian studi kelayakan proyek adalah kegiatan menganalisa, mengkaji dan menelilti berbagai aspek tertentu suatu gagasan usaha/proyek yang akan dilaksanakan atau telah dilaksanakan, sehingga memberi gambaran layak (feasible-go) atau tidak layak (no feasible-no go) suatu gagasan usaha/proyek apabila ditinjau dari manfaat yang dihasilkan (benefit) dari proyek/gagasan usaha tersebut baik dari sudut financial benefit maupun social benefit.

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tahap studi kelayakan ini adalah : 

  1. Menyusun rancangan proyek secara kasar dan mengestimasi biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. 
  2. Meramalkan manfaat yang akan diperoleh jika proyek tersebut dilaksanakan, baik manfaat langsung (manfaat ekonomis) maupun manfaat tidak langsung (fungsi sosial) 
  3. Menyusun analisis kelayakan proyek, baik secara ekonomis maupun finansial. 
  4. Menganalisis dampak lingkungan yang mungkin terjadi apabila proyek tersebut dilaksanakan.

Baca juga SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH KEDALAM BANGUNAN

Dalam melakukan analisa studi kelayakan terbagi atas beberapa tahap yaitu : 

  1. Tahap persiapan, menentukan apakah studi kelayakan untuk suatu atau beberapa usulan proyek perlu diadakan atau tidak.
  2. Tahap penelitian, merupakan tahap bekerja dilapangan untuk pengumpulan data baik kuantitatif maupun kualitatif. 
  3. Tahap tabulasi dan penyusunan data, tahap ini dapat dilakukan segera setelah penelitian dimulai. Sesudah mendapatkan data, data dikumpulkan dan dikelompokan menjadi dua yaitu data primer dan data skunder. Data-data yang telah terkumpul kemudian ditabulasi atau disusun berdasarkan sistematika atau tujuan penelitian.
  4. Tahap pengolahan data dan penyusunan laporan, semua data yang sudah terkumpul dan ditabulasi selanjutnya diolah dan dianalisa kemudian disusun kedalam sebuah laporan. 
  5. Tahap evaluasi proyek/gagasan usaha, membandingkan data-data yang telah terkumpul dengan persyaratan-persyaratan bagi berdiri dan berkembangnya proyek/gagasan usaha yang diusulkan. 

Semoga artikel tentang Apa itu Studi Kelayakan Proyek ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications