Tips Menata Interior Kantor Agar Karyawan Produktif Bekerja

Diposting pada

Tips Menata Interior Kantor – Taukah kamu bahwa interior kantor adalah area atau ruang dalam bangunan yang berfungsi sebagai tempat bekerjanya para karyawan dalam sebuah perusahaan. Fungsi utama dari interior kantor adalah untuk mendukung penggunanya dalam melakukan pekerjaan.

Desain interior kantor sedikit banyak akan berpengaruh terhadap produktifitas para karyawan. Acuan dalam membangun desain interior kantror meliputi aspek dekoratif dan fungsional, aspek sustainability, teknologi, kesehatan&kesejahteraan, serta budaya perusahaan. Saat ini desain interior kantor telah dianggap sebagai salah satu bagian penting dalam mendukung kesuksesan suatu bisnis.

Nah pada artikel ini ilmuteknik akan memberikan berikan tips dalam menata interior kantor agar karyawan nyaman dan lebih produktif dalam bekerja.

Setidaknya nantinya para karyawanmu akan bekerja setidaknya 9 jam sehari, untuk memenuhi tugas mereka dan membantumu mengembangkan perusahaan. Karena inilah penataan interior kantor tidak boleh sembarangan, diperlukan kolaborasi antara konsep, tata letak, dan pemilihan perabotan yang selaras. Diharapkan nantinya ruang kerja ini dapat menciptakan suasana kerja yang efektif dan menyenangkan, sehingga mereka akan terus termotivasi untuk bekerja lebih produktif dan efektif lagi.

Jika saat ini kamu sedang membangun atau merenovasi kantormu, maka dibawah ini adalah tips menata interior kantor dari ilmuteknik. Interiorkantor.com merupakan solusi tepat bagi kamu yang masih bingung dalam memilih desain interior kantor yang tepat.

Tips Menata Interior Kantor yang Ideal

Cara Menata Interior Kantor

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum menata interior kantor, diperlukan pemahaman mengenai seperti apa lingkungan perusahaan itu sendiri. Tujuannya yaitu untuk menciptakan kesan yang sesuai dengan culture kantor, karena saat ini budaya sebuah perusahaan sudah sangat beragam.

Misalnya saja ada perusahaan yang menerapkan tema formal hingga casual seperti pada perusahaan startup atau industri kreatif. Untuk perusaan startup atau industri kreatif tentunya nuansa santai dan kreatif adalah salah satu aspek yang bisa ditonjolkan.

Penggunaan Meja Kerja yang Tepat

Meja adalah salah satu perabotan wajib di kantor. Pemilihan meja kerja yang tepat akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemakainya. Desain dan tata letak meja ini perlu disesuaikan dengan pekerjaan disetiap departemennya. Misalnya untuk departemen yang sering melakukan diskusi atau meeting, kamu perlu menggunakan meja dengan pola melingkar. Dengan menggunakan meja ini kamu tidak memerlukan ruang rapat, karena tata letak meja ini telah di desain untuk mempermudah komunikasi.

Tata Letak Barang

Mesin fotocopy, lemari arsip, dan printer ada beberapa barang yang umumnya ada di kantor. Barang-barang ini harus ditata rapi agar karyawan tidak kesulitan menemukannya.

Adanya Lampu dan Pencahayaan yang Baik

Suasana kerja dan produktifitas pekerja dapat diperngaruhi oleh intensitas cahaya pada ruangan tersebut. Karyawan yang bekerja dalam ruangan terang dan cerah akan merasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat bekerja.

Pencahayaan suatu ruangan dapat diperoleh dengan barbagai cara, diantaranya yaitu memperhatikan jenis lampu yang digunakan. Jenis lampu ini bisa menggunakan lampu bohlam, LED Strip, downlight maupun spotlight. Pemilihan lampu tentunya harus mempertimbangkan intensitas cahaya yang ingin dicapai dan warna lampu yang sesuai dengan suasana kerja.

Cahaya lampu yang terlalu redup akan membuat karyawan sulit bekerja dengan baik, sementara cahaya lampu yang terlalu terang akan membuat karyawan merasa lebih cepat lelah.

Selain menggunakan pencahayaan dari lampu, pencahayaan suatu ruangan dapat dikombinasikan dengan sistem pencayaan alami yang dapat dihitung menggunakan program dialux evo.

Berikan Sentuhan Alami

Tips menatas interioar kantor yang selanjutnya yaitu dengan memberikan sentuhan alami. Sentuhan alami ini diperlukan agar para karyawan tidak penat dalam bekerja. Sediakan ruang terbuka hijau dengan jendela-jendela besar yang terhubung dengan area luar. Namun jika kamu tidak memiliki area yang luas bisa diganti dengan memberikan tanaman hias, dan sudut khusus untuk tanaman di area kerja.

Kantor dengan nuansa alami dan meneduhkan akan memberikan energi positif, sehingga membuat para karyawan kembali merasa segar, walaupun hanya istirahat sejenak.

Adanya Ruang Tunggu yang Nyaman

Bagi kantormu sering dikunjungi banyak tamu, ruang tunggu adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Tambahkan meja, kursi atau sofa yang nyaman di ruang tunggu, agar tamu merasa nyaman dan leluasa menunggu. Nah taukah kamu bahwa ruang tunggu dapat dijadikan area promosi dan membangun kepercayaan client lho. Caranya cukup mudah yaitu cukup sediakan rak buku yang berisi profil perusahaan, testimoni dari client, dan berbagai informasi lainnya yang sesuai dengan bidang perusahaan.

Tambahkan Sentuhan Dekorasi

Hidari suasana kantor yang membosankan. Kamu bisa menambahan dekorasi interior kantor yang menarik, tanpa menghilangkan kesan dan culture perusahaanmu.

Namun bagaimana jika kantor kamu memiliki budaya yang lebih formal? Penambahan dekorasi dapat berupa foto kegiatan perusahaan, lukisan, dan penghargaan yang pernah dicapai.

Lalu untuk perusahaan dengan culture casual, kamu bisa menambahkan perabotan yang berwarna biru, merah dan hijau. Tambahkan dekorasi pada dinding sebagai contoh penataan interior kantor yang artistik. Kamu juga dapat memanfaatkan penggunaan lampu hias, atau lampu downlight yang dibarengi dengan pajangan kata-kata motivasi yang sesuai dengan profil perusahaan.

Kesimpulan

Berdasarkan tips yang telah ilmu teknik berikan diatas, fungsi interior kantor yang memukau akan menambah semangat para karyawan dalam bekerja, selain itu tampilan yang elegan dan menarik akan menambah kesan profesional terhadap perusahaanmu.

Kamu dapat mengikuti tips diatas untuk mendesain interior kantor kamu agar lebih menarik dan memukau, seehingga nantinya para karyawan dapat bekerja secara profesional, produktif, dan efektif.

Masih kurang puas dengan tips menata interior kantor yang kami berikan? Oleh karea itu ilmuteknik sarankan untuk segera bekerja sama dengan interiorkantor.com. Kamu dapat menghubungi tim interiorkantor.com melalui instagram interiorkantor.com. Kualitas dan pelayanan terbaik dari interiorkantor.com akan membantu kamu dalam mendapatkan interior kantor yang memukau dan sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu.

Semoga artikel ini tentang Tips Menata Interior Kantor Agar Karyawan Produktif Bekerja ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags;

  • 15 contoh interior kantor
  • apa saja interior kantor
  • 10 contoh interior kantor
  • 20 contoh interior kantor
  • contoh barang interior kantor
  • fungsi interior kantor
  • interior kantor minimalis
  • penataan interior kantor

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *