5 JURUSAN YANG PALING BANYAK DICARI OLEH INDUSTRI DI TAHUN 2020

Di artikel kali ini akan dibahas tentang jurusan yang semoga bermanfaat buat teman-teman yang lagi sibuk riset-riset soal jurusan kuliah, entah lagi nyari jurusan apa ya yang kira-kira cocok sama aku, jurusan apa ya yang kira-kira punya prospek kerja yang bagus?

Ini adalah jawaban dari kegelisahan kalian gaes, disini aku akan sebutkan 5 jurusan yang paling banyak dicari oleh industri berdasarkan pengalaman aku, pengalaman temen- emen yang lain juga, pas kita lagi nyari kerjaan di linken atau misalnya di jobstreet gitu

Biasanya apa aja sih background2 pendidikan yang suka dicari sama company?


Skill-skill apa aja sih yang biasanya mereka require dan masih banyak lagi dasar-dasar lainnya, oke diartikel ini juga akan di bahas kira-kira skill apa aja sih yang akan didapat atau diajarin dari jururusan – jurusan ini:

1. Jurusan Bisnis Manajement dan Ekonomi

Kalau semisal kita pikir-pikir nih sekarang semua pekerjaan datangnya darimana? Dari proses bisnis, dari entitas organisasi yang melakukan bisnis. Jadi posisi posisi manajerial itu pasti akan selalu dibutuhin untuk menjaga entitasnya itu tetap stay. Jadi berdasarkan pengalaman sendiri, disini yang akan dipelajarin adalah:
  • Bisa paham dan punya yang namanya bisnis intuision 
  • Punya manajerial skill baik itu HR, marketing, Finance, Operation management
  • Skill frame work manajerial dalam menyelesaikan sesuatu atau dalam membangun sesuatu
  • Dituntut untuk belajar dan praktek tentang leadership, communication, creative thingking dan juga problem solving

Dan orang – orang dengan background seperti itu prospek kerjanya banyak sekali yaitu ada:
  • Semua industry multinational company
  • Industri Banking
  • Bisnis sendiri

2. Jurusan Matematika

Jurusan yang paling banyak dicari yang kedua yaitu jurusan matematika. Nggak salah denger? Iya kok bener. Nah dari hasil riset, dijurusan matematika ini biasanya bakal diajarin banyak soal nggak hanya soal teori saja baik itu aljabar, algoritma, trigonometri, tapi juga bakal diajarin gimana caranya sih cara menggunakan teori ini kedalam konteks yang lebih praktikal atau terapan gitu. Baik itu permodelan, programing, data analitik, dan lain-lain. Biasanya orang-orang dari jurusan matematika di expect untuk punya skill-skill seperti:
  • Problem solving
  • Berpikir secara sistematis
  • Berpikir secara lebih teliti, detail
  • Berpikir secara rasional

Nah untuk orang-orang dengan background seperti ini hampir bisa masuk ke industri apapun, yaitu:
  • Industri keuangan
  • Startup
  • Multinational Company
  • Government

Mengapa demikian, karena siapa yang sekarang yang tidak membutuhkan orang-orang yang bisa ngolah data, melakukan projection dan lain – lain

3. Jurusan Informatika

Yahh, udah paham kan jurusan orang- orang informatika bakal belajar apa?
Disini mereka bakal banyak banget belajar soal pemrograman, komputasi, dan intinya bikin tentang software. Tapi yang jelas orang-orang yang lulus dari background jurusan ini mempunyai skill-skill seperti.
  • problem solving
  • bepikir secara rasional, sistematis
  • Terliti
  • Kreatif


Kebanyakan orang-orang dari jurusan seperti ini kalau jaman sekarang banyak banget dicari sama industri baik itu start up, government, keuangan, semua itu butuh orang-orang informatika. Karena dijaman yang sekarang serba digital.

4. Jurusan Teknik Industri

Nah ini biasanya kalau dilihat di requriment pekerjaan, biasanya mereka mencari orang-orang dengan background bisnis manajement atau Teknik industri. Nah disini ada sedikit kemiripian dari kedua jurusan tersebut. Karena memang orang-orang Teknik industri banyak banget belajar soal bagaimana caranya untuk mendevelop proses produksi yang efektif, proses manajerial yang efektif, cuman perbedaannya mereka menyelesaikan masalah-masalah ini dengan sudut pandang lebih matematis atau lebih perhitungan. Nah makannya skill-skill yang dieskpect dari lulusan Teknik industri ini juga tidak jauh beda dari orang-orang di jurusan manajement dan bisnis yaitu harus bisa problem solving, analytical thingking, dan paham soal teknologi serta ilmu-ilmu soal matematika seperti ini.

Nah buat anak-anak Teknik industri kalian bisa banget masuk ke industri-industri yang banyak dibutuhkan orang-orang manajement dan bisnis, karena prospek kerja hampir sama. Tak juga itu kalian juga bisa masuk ke dalam multinational company, startup, atau yang lebih spesifik bisa masuk ke dalam industri manufaktur dan logistik untuk anak-anak Teknik industri .

5. Jurusan Teknik Lainnya

Dan yang terakhir adalah jurusan-jurusan Teknik lainnya, baik itu Teknik perminyakan, tambang, Teknik mesin, Teknik perkapalan, Teknik sipil, dan Teknik lainnya. Kenapa demikian, karena selain mereka belajar soal hardskill yang terkait dengan jurusan, semisal anak jurusan minyak dia bakalan tau tentang energi minyak, untuk anak jurusan mesin tau dan menguasai soal permesinan, dan mereka juga terbiasanya untuk terlatih softskill-softskill mereka seperti problem solving, analytical thingking, berpikir secara rasional, kirtis, dan efisien. Dimana pendekatannya tetap matematis dan mereka juga jago dalam permodelan-permodelan yang rumit, yang melibatkan dalam rumus-rumus yang rumit dan itu juga sangat dibutuhin juga untuk mereka bisa survive dijurusan ini.

Nah untuk orang-orang dengan background seperti sekarang ini banyak sekali yang masuk ke dalam industri-industri keuangan, consulting, multinational company dan lain-lain karena mereka mempunyai skill-skill tersebut dan mereka juga sudah terbiasa beradaptasi dan kalau semisal dituntuk untuk belajar lagi soal manajerial mereka juga mudah mempelajarinya kembali, karena ilmu-ilmunya yang sensibel seperti manajement dan lainnya.

Kalau memang sekarang lagi bingung untuk memilih jurusan apa, oke gapapa cukup pilih jurusan yang memang potensial dan yang memang prospek kerjanya bagus, yang skill-skillnya ingin kalian capai. Tetapi pertimbangkan apakah kalian akan enjoy dalam menjalani jurusan tersebut dan dalam belajar disana, apakah akan sesuai dengan passion kalian. Karena and the end of the day, kalau misal kalian masuk kejurusan yang bagus banget yang potential banget, tetapi IPK kalian 2 juga akan sangat menyusahkan kalian.

Sebelumnya mohon maaf kalau misalnya nggak semua jurusan bakalan dimasukin kedalam list ini, bukan berarti kalian yang masuk jurusan diluar list ini tidak lebih gampang mencari pekerjaan dan tidak lebih gampang dicari oleh industri-industri, karena kalau semisal kalian dari pembahasan diatas sudah jelas skill-skill apa aja yang banyak dicari sama industri. Dari situ bisa kalian kembangkan tidak hanya didalam jurusan yang kalian jalani sekarang atau nanti. Tetapi kalian bisa kembangkan melalui kegiatan-kegiatan organisasi, interentship dan lain-lain.

3 tanggapan untuk “5 JURUSAN YANG PALING BANYAK DICARI OLEH INDUSTRI DI TAHUN 2020

  • Juni 23, 2020 pada 8:15 pm
    Permalink

    mantap gan bermanfaat banget bagi orang yang masih bingung pilih jurusan ini salah satu cara agar gak bingung pilih jurusan nantinya

    Balas
  • Juli 9, 2020 pada 4:30 am
    Permalink

    Tu kan.,., matematika so sweet kan.,. ,hihihi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *